Trik Remote Akses Mikrotik dengan Handphone (Mobile-SSH)

Artikel ini copy dari http://artikel.xcode.or.id/2010/05/27/trik-remote-akses-mikrotik-dengan-handphone-mobile-ssh

semua isi tidak ada perubahan dari isi aslinya..

Penulis : Nathan Gusti Ryan

Beikut ini saya sharing Trik untuk melakukan Remote akses Mikrotik ( maupun Server, Router, Webserver ataupun peripheral lain ) dengan Handpone mengunakan aplikasi Mobile SSH. Kita bisa mengunakan fitur SSH ataupun fitur Telnet, tergantung peripheral kita pake SSH ataukah Telnet saja. Tapi disini saya fokuskan pada Remote akses Mikrotik ( dari jaringan Local / LAN dan remote Mikrotik dengan IP Public ). Contoh disini adalah contoh real dan bukan hasil COPAS.

Okelah kalo begitu,

Pertama : kita mulai dengan persiapan aplikasi Mobile-SSH yang dapat anda download link dibawah ini :

http://jamesbond.xcode.or.id/files/Mikrotik/MidpSSH-v1.7.3-full.jar

atau :

http://jamesbond.berjuang.info/files/Mikrotik/MidpSSH-v1.7.3-full.jar

Yang ini untuk BlackBerry :

http://jamesbond.xcode.or.id/files/Mikrotik/IdokorroMobileSSH-Mobile-SSH-for-BlackBerry-3.1.zip

Kedua : Copykan file tersebut ke handphone kita.



Ketiga : Install Aplikasi / file tersebut ke handphone kita.



Keempat : Selanjutnya aktifkan aplikasi MidpSSH ini dan terlihat menu seperti .



Kelima : Atur setting koneksi handphone kita pada menu Profile. Kita bisa mengunakan koneksi dari GPRS ataupun 3G dari hanphone kita ( untuk konek ke IP Public Mikrotik kita ) maupun Wifi ( untuk konek ke Mikrotik IP LAN / Local kita maupun ke IP Public ). Di tutorial ini saya contohkan mengunakan koneksi Wifi.



Keenam : Selanjutnya pilih OK untuk menyimpan setting lalu kita akan kembali ke menu aplikasi. Jalankan aplikasi MidpSSH dan akan terlihat tampilan menu utama MidpSSH.



Dibawah ini tampilan menu utama MidpSSH.



Ketujuh : Selanjutnya masuk ke menu Sessions, disini kita bisa membuat setting untuk koneksi ke Mikrotik kita. Disini saya buat koneksi dengan nama Mikrotik untuk mengakses ke PC Router dengan IP Address Local : 192.168.88.250. Setting IP Host Mikrotik kita dan setting Username serta Password untuk mengakses Mikrotik tersebut.



( Geser ke bawah screen )



Kedelapan : Selanjutnya kita pilih Mikrotik yang akan kita remote, lalu pilih Connect :






Kesembilan : Selanjutnya jika untuk pertama kalinya melakukan koneksi akan muncul tampilan pertanyaan seperti dibawah ini :



Jawab Ya atau OK, lalu akan muncul tampilan Konsole Mikrotik seperti dibawah ini :



Kesepuluh : Sampai disini kita bisa memberikan perintah apa saja via konsole SSH ke Mikrotik kita, saya layaknya kita memberikan perintah pada Konsole Mikrotik lewat Telnet atau New Terminal di Winbox Mikrotik kita dari PC / Laptop. Contohnya kita berikankan perintah seperti dibawah ini menu Pilihan – Input > ip address print



Selanjutnya akan muncul tampilan hasil dari perintah yang kita berikan, yaitu IP Address interface Mikrotik kita. Kalo kita mau keluar dari akses SSH Mikrotik cukup diberikan perintah quit.



Tampilan dibawah ini saat kita Quit dari Session koneksi ke Mikrotik ini.



Kesebelas : Selanjutnya akan saya berikan contoh mengakses Mikrotik lewat IP Public, yang sebenarnya tidak ada bedanya dengan mengakses Mikrotik dari LAN seperti panduan diatas ini. Tapi untuk lebih menyakinkan, saya akan contohkan langsung Capture dari Handphone saya.



Setting Session koneksi IP Public ke Mikrotik kita serta setting Username dan Password-nya. Disini saya mengunakan Mikrotik RB-450.



Kita berikankan perintah seperti dibawah ini menu Pilihan – Input > ip address print



Selanjutnya kita quit dari Session ini serta Exit dari Mobile-SSH.



Okey semoga sharing ini dapat bermanfaat dan kita dapat terus menerus mengakses Mikrotik kita kapanpun dan dimanapun… Jika masih kurang jelas, kontak / SMS / Email / YM ke : progtel2004@yahoo.com / 081-357-661-007.

4 Komentar

Berikan Komentar yang bermanfaat dan sehat.

  1. kerennnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnnn

    BalasHapus
  2. Halo Bung Harry.
    salam kenal.

    Sedikit pertanyaan, apakah mikrotik yang terhubung ke wireless wifi bisa men-tracking website2 yang dikunjungi melalui smartphone?
    Terimakasih atas penjelasannya..

    BalasHapus
  3. Maaf, menyambung pertanyaan di atas, ilustrasi sebagai berikut:

    Saya bekerja di suatu perusahaan yang menggunakan wifi router dan mikrotik.
    Dengan kuota internet yang terbatas, jika seseorang mengakses situs2 tertentu melalui smartphone, dapatkah kita mengetahui website mana saja yang dia kunjungi lewat mikrotik ini?

    Terimakasih sebelumnya atas penjelasannya..

    BalasHapus
Posting Komentar
Lebih baru Lebih lama