MENGENAL INTERNET BROADBAND (GSM, GPRS, HSDPA, CDMA, WCDMA, dll)

Seiring berkembangnya teknologi, provider seluler melebarkan sayap pelayanan publiknya ke wilayah akses data (internet) dengan berbagai penawaran. Yang masih gencar dipasarkan oleh beberapa provider GSM saat ini adalah Akses data HSDPA. Banyak yang sudah menggunakan namun belum banyak yang mengetahui arti berbagai penawaran yang diberikan oleh berbagai provider tersebut.

Sebagai sharing info saja tentang arti dan kecepatan data akses internet via provider seluler, apabila ada yang memiliki pendapat lain atau koreksi dari postingan ini  dibahas di sini.

  • Teknologi GSM (Global System for Mobile Communications) adalah sistem komunikasi data nirkabel dengan transfer data berkecepatan 9,6 Kbps sampai Maksimal 57,6 Kbps



  • Teknologi GPRS (General Packet Radio Service) adalah sistem komunikasi data nirkabel dengan transfer data berkecepatan Maksimal 115 Kbps. Berbagai sumber menyebutkan untuk GPRS terbagi menjadi 3 Kelas dengan perbedaan fasilitas sbb : Kelas C (pengguna harus melakukan switch secara manual untuk transfer data atau voice call dan SMS) Kelas B (bisa melalukan voice call dan transfer data pada waktu yang bersamaan tapi transfer data akan otomatis dihentikan sementara jika ada voice call atau SMS) Kelas A (bisa melakukan voice call dan transfer data pada waktu yang bersamaan)



  • Teknologi EDGE (Enhanced Data for Global Evolution) atau sering disebut juga EGPRS atau "Enhanced GPRS" adalah sistem komunikasi data nirkabel dengan transfer data berkecepatan 384 Kbps sampai dengan 473,6 Kbps.



  • UMTS (Universal Mobile Telecommunications System) atau di pasaran lebih dikenal dengan istilah 3G yang menjanjikan kecepatan diatas 1Mbps.



  • HSDPA (High Speed Downlink Packet Access) atau lebih dikenal dengan 3,5G teknologi inilah yang sekarang banyak di gunakan oleh operator seluler dalam menyediakan layanan packet data.

2 Komentar

Berikan Komentar yang bermanfaat dan sehat.

  1. ae lam kenal ea,,,,sementara gak coment dulu ,,aku msh baru ngeblog

    BalasHapus
  2. salam kenal juga...bagus ngeblog bisa sebagai catatan sendiri dan lebih asik aja.. good luck blognya ea

    BalasHapus
Posting Komentar
Lebih baru Lebih lama