INSTALASI ZENCAFE 2.0

Kebutuhan sistem
Untuk dapat beroperasi dengan baik Zencafe membutuhkan perangkat keras minimal:
• Pentium II
• Memory 128 MB
• Harddisk 3 GB
LANGKAH INSTALASI
Booting melalui CD-ROM, Enter apabila anda menggunakan IDE atau tulis nama kernel SCSI apabila anda
menggunakan SCSI.Photobucket
Mulai proses instalasi dengan memilih konfigurasi keyboard anda
Photobucket
Untuk mempermudah proses instalasi anda dapat menggunakan partisi otomatis dengan memilih Auto partition, dimana Zencafe akan mempartisi harddisk anda secara otomatis. Namun perlu di ingat, backup isi harddisk anda sebelum melakukan partisi otomatis karena proses ini akan menghapus semua data yang ada didalam harddisk yang akan di partisi tersebut. Apabila anda tidak ingin melakukan ini, anda harus melakukan partisi secara manual.
Untuk dapat melakukan partisi secara manual anda diharapkan telah memiliki pengetahuan dasar tentang Linux dan mengetahui cara kerja penggunaan partisinya.
Photobucket
Pilih “Install from Zencafe CD” untuk melanjutkan proses instalasi. Zencafe akan secara otomatis melakukan pencarian CD Installasi, yang kemudian akan dilanjutkan dengan melakukan proses instalasi paket secara otomatis. Proses ini akan memakan waktu sekitar 15 menit. Apabila anda mendapatkan Zencafe dengan cara mendownload pastikan MD5 anda sesuai dengan MD5 yang ada di server tersebut, karena ini akan sangat mempengaruhi proses instalasi paket dan dapat mengakibatkan kegagalan dalam proses instalasi ini sehingga mengakibatkan Zencafe anda tidak dapat beroperasi dengan baik di langkah-langkah selanjutnya
Photobucket
Tunggu Installasi packet sampai selesai
Photobucket
Pilih “Simple” untuk melakukan proses instalasi Linux Loader (LILO) secara otomatis. Pilih resolusi layar yang sesuai dengan komputer anda, semakin rendah akan semakin bagus karena kemungkinan refresh rate monitor anda tidak sesuai akan berkurang. Masukkan parameter tambahan pada “Optional kernel parameters” apabila anda membutuhkan parameter tertentu pada instalasi anda. Contoh: beberapa komputer lama membutuhkan parameter: acpi=force untuk dapat melakukan shutdown dengan benar. Lanjutkan dengan memilih MBR untuk meletakan Linux Loader anda pada master boot record harddisk anda. Pilih Root apabila anda telah memiliki bootloader seperti XOSL, GRUB, dan lain-lain di master boot record anda.
Photobucket
Lakukan konfigurasi Jam komputer anda. Pilih No untuk menyesuaikan jam yang berada di dalam sistem Zencafe dengan jam yang ada di BIOS komputer anda. Lanjutkan dengan memilih Timezone daerah anda. Contoh: untuk kota Jakarta, pilih Asia/Jakarta.Pilih Startup services sesuai kebutuhan anda. Untuk dapat menggunakan Printer aktifkan “cups” dan “hplip”, untuk dapat melakukan sharing antar komputer aktifkan “samba”.
Tekan CTRL+ALT+DELETE untuk melakukan reboot, proses instalasi anda hampir selesai, tinggal beberapa langkah lagi. Jika langkah sebelumnya berjalan dengan sukses, anda akan melihat bootsplash Zencafe dengan pilihan OS yang ingin anda gunakan. Proses akan dilanjutkan dengan melakukan deteksi terhadap soundcard yang terpasang dikomputer anda.
Photobucket
Setelah terkonfigurasi dengan baik, pilih bahasa dan lanjutkan dengan memasukkan password “root”.
Photobucket
Pilih “Create user”, masukkan username yang akan anda gunakan untuk kebutuhan sehari-hari anda. Tekan enter untuk melanjutkan proses. Pada saat proses pembuatan username selesai anda diminta verifikasi data yang anda input. Apabila tidak ada yang diubah anda dapat memilih tombol “Back” Kemudian dilanjutkan dengan memilih tombol “Exit”.
Photobucket
Photobucket
Proses dilanjutkan dengan menanyakan apakan anda akan mengaktifkan tombol NumLock pada saat menyalakan komputer anda. Setelah itu Zencafe akan melakukan deteksi VGA dan monitor anda secara otomatis yang dilanjutkan dengan proses Login. Selamat, Zencafe telah terinstall di komputer anda. Selamat ber Linux ria!!!
Photobucket
Photobucket

Berikan Komentar yang bermanfaat dan sehat. Conversion Conversion Emoticon Emoticon