Gempa Aceh 11-1-2012

Gempa dengan kekuatan 7,6 Skala Richter menggoyang Aceh pada Rabu (11/1/2012) dinihari dan disertai potensi tsunami. Warga Aceh sendiri mengaku tidak begitu merasakan gempa.

"Gempa terasa bagi yang masih bangun. Tapi bagi yang tidur sepertinya mereka hanya bangun. Tidak sampai teriak-teriak," ujar Siti, petugas piket di RS RSIA Harapan Bunda, Banda Aceh, kepada detikcom, Rabu (11/1/2011).

Siti juga mengatakan, di RSIA Harapan Bunda, tidak sempat ada kerusakan berarti. Selain itu, getaran gempa juga hanya dirasakan selama sekitar 5 detik.

"Tadi hanya terasa sekitar lima detik. Tidak, tidak ada yang rusak di sini baik-baik saja," ujar Siti.

Hal senada juga diutarakan, Rian, petugas piket di RS Fakinah Banda Aceh. Menurut Rian gempa yang dirasakannya tidak membuat adanya kerusakan atau pergeseran benda di rumah sakit.

"Tidak ada. Di sini baik-baik saja," ujar Rian.

Baik di RSIA Harapan Bunda dan RS Fakinah, terpantau tidak ada gelombang masuk pasien setelah terjadinya gempa pada pukul 01.36 WIB.

Gempa dengan kekuatan 7,6 Skala Richter menggoyang Aceh pada Rabu (11/1/2012) dinihari. Gempa ini disertai peringatan adanya tsunami.

Berdasarkan informasi dari situs resmi Badan Klimatologi Metereologi dan Geofisika (BMKG), gempa berkekuatan 7,6 SR itu berada di koordinat 2.32LU,92.82BT. Kedalaman gempa 10 Km.

Akibat gempa ini pada pukul 01.36 WIB ini, BMKG mengeluarkan peringatan dini adanya potensi gelombang tsunami untuk wilayah Aceh, Sumatera Utara, Bengkulu dan Lampung.

Sementara data usgs.gov mencatat gempa terjadi sekitar pukul 00.37 dengan kekuatan gempa sebesar 7,3 SR. Gempa terjadi di 423 km (262 miles) BaratDaya Banda Aceh, 537 km (333 miles) BaratDaya Lhokseumawe

Berikan Komentar yang bermanfaat dan sehat.

Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama