Mencari Data Doubel dalam satu tabel [Mysql]


Mencari Data Doubel dalam satu tabel di dalam database mysql, tentu kasus tersebut akan banyak di temui dalam melakukan migrasi data, yah itu yang saat ini saya alami.  sedikit cerita , terdapat satu database yang sekitaran
terdapat 25rb data yang akan di lakukan migrasi , data ini adalah data2 kendaraan di PKB Kota padang, karena sistem awal tidak melakukan Key terhadap No uji sehingga saat melakukan migrasi ke sistem baru terdapat bentrok data. setelah melakukan diskusi dengan Pihak yang bersangkutan akhirnya mengeluarkan kesepakatan. kesepakatannya adalah pembersihan data doubel, tapi dalam hal ini menjadi tugas saya untuk memberikan laporan data2 apa saja yang doubel, sehingga pihak yang bersangkutan dapat melakukan pengecekan data real mereka.
Ini menjadi tantangan baru , karena saya harus mencari data2 apa saja doubel dari 25Rb tersebut. cek manual ( Mendingan saya pensi dari programmer ). Untuk artikel kali ini saya akan bermain dengan Query Mysql untuk melakukan permasalah tersebut. dengan bantuan beberapa query hal tersebut dapat di lakukan dengan mudah dan cepat, cuma butuh waktu 1 menit saya sudah mengetahui data2 apa saja yang doubel.
SELECT NOCONTROL, COUNT(*)
FROM pkb
GROUP BY NOCONTROL
HAVING ( COUNT(NOCONTROL) > 1 )
dengan menjalankan perintah tersebut akan memberikan laporan tentang data2 doubel. di sini saya melakukan terhadap row NOCONTROL
dengan Query tersebut akan menampilkan data yang lebih dari 1, ternyata terdapat 107 data doubel. cukup mudah bukan. 

Berikan Komentar yang bermanfaat dan sehat.

Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama