Replace Format Date m/d/Y to d-m-Y [Mysql]


Replace Format Date m/d/Y to d-m-Y [Mysql] Pernah mengalaminnya ? masih bingung yah dengan judulnya. Ok saya akan memberikan kronologi kasusnya sedikit.
Perhatikan gambar di atas. itu adalah data-data tanggal , karena pada saat saya membuat helper di CI sehingga perhitungan waktu yang saya buat berbeda format dengan date di dalam database. sehingga saat melakukan exekusi proses terjadi error, sehingga harus ada 2 langkah yaitu menambah logika helper saya atau melakukan perubahan format tanggal. Untuk melakukan penambahan logika pada helper terlalu banyak melakukan perubahan dan malas lagi modife helper :v. ngk mau nambah logika pada helper yah terpaksa merubah format tanggal pada database, Rubah satu-satu ( gila data 25 rb akan di edit sendiri :(( )
tapi proses kegilaan tersebut akan di selesaikan hanya dalam waktu 1 menit kok :v.
So simpel sekali bukan, yah namanya sistem asal dapat logikanya bisa dibuat seenaknya aja, toh kata dosen saya dahulu " Sistem di buat untuk mempermudah, bukan membuat persulit manusia "
bagaimana cara saya melakukan proses perubahan format tersebut ? sebelumnya format tanggal sebelumnya adalah "m/d/Y' sedangkan pada helper saya hanya dapat menangkap format 'd-m-Y'. jadi intinya saya akan melakukan perubahan dari format 'm/d/Y' To 'd-m-Y'.
proses ini akan saya lakukan pada Query mysql. untuk Querynya adalah sebagai berikut;
UPDATE pkb SET DIUJITGL= DATE_FORMAT(STR_TO_DATE(DIUJITGL,"%m/%d/%Y" ),"%d-%m-%Y" );
pkb ==> adalah nama tabel
DIUJITGL  ==> Nama Row yang akan dirubah
%m/%d/%Y ==> format awal
%d-%m-%Y ==> format setelah di rubah
Gimana cukup mudahkan, untuk format terserah anda mau melakukan perubahannya ke dalam format apa saja tergantung kebutuhan.

Berikan Komentar yang bermanfaat dan sehat.

Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama