Apa Itu SIP Trunking ?


Sebuah SIP trunking adalah koneksi langsung antara organisasi kita dengan sebuah ITSP (Internet Telephony Service Provider). Dengan SIP trunking kita dapat menggunakan VoIP (Voice over IP) diluar internal network tanpa membutuhkan IP-PTSN gateway. Tentunya hal ini akan memudahkan dan meminimalkan biaya dalam melakukan desain, operasional, maintenance, dan upgrade.

SIP trunking menggunakan SIP (Session Initiation Protocol) dan RTP (Real-Time Protocol) untuk menghubungkan Lync Server dengan sebuah ITSP menggunakan koneksi IP. SIP digunakan untuk membuat dan mengatur sesi-sesi komunikasi yang berbasis VoIP telephony. SIP juga digunakan untuk instant messaging, presence, multimedia, conferencing, dan real-time services lainnya yang dapat melintasi sebuah SIP trunk. RTP digunakan untuk mengatur aktual data voice dalam panggilan VoIP.

Istilah 'trunk' dalam SIP trunking, adalah koneksi virtual antara sistem telekomunikasi. Koneksinya dapat melalui jalur yang khusus untuk SIP trunking, atau jalur khusus untuk SIP trunking dan trafik IP lainnya, atau juga dapat melalui internet VPN.

Keuntungan menggunakan SIP trunking, antara lain sebagai berikut:
1. Menghemat biaya untuk layanan jarak jauh
2. Meniadakan IP-PSTN gateways / PBX
3. Meniadakan jaringan redundant
4. Meniadakan biaya berlangganan BRI dan PRI
5. Memperluas kemampuan Lync Server dengan layanan-layanan baru dari ITSP

Perbandingan Tipe Koneksi SIP trunking


1 komentar :

Click here for komentar
7 Maret 2016 13.54 ×

mau nanya kenapa sip trunk biaya nya mahal ?

Congrats bro Christland Simatupang you got PERTAMAX...! hehehehe...
Reply
avatar

Berikan Komentar yang bermanfaat dan sehat. Conversion Conversion Emoticon Emoticon