JAWABAN [UAS]


Tanggal 15-Januari-2015 kemare saya mengadakan UAS ( Ujian Akhir Semester ) yang mana soalnya tetang MS Excel. Soalnya sebenarnya ngk terlalu sulit dan ngk juga terlalu mudah, tapi cukup lah membuat mahasiswa untuk memutar otak.
Pada Soalnya ada banyak langkah yang dapat dikerjakan oleh mahasiswa, dari cara manual atau menggunakan stengah formula atau full Formula. saya tidak menilai mereka mencari menggunakan cara bagaimana, yang penting nilai Akhir nya. soalnya adalah :

Penjelasan mengenai soalnya adalah :
1. Tabel Referensi adalah

2. sedangkan tabel kerjanya adalah :



No BP dan Nomor Handphone pada soal adalah sebagai contoh. jadi setiap mahasiswa mengisi nomor BP masing2 dan nomor Handphone ( 98% mahasiswa sekarang sudah punya nomor Handphone )

pada tabel lembaran kerja bagian sebelah kiri dan atas pasti akan di isi dengan angka bukan ?. lalu pada kolom yang kosong pada tabel kerja tersebut akan sel yang kosong yang musti di isi oleh mahasiswa? dan pada kolom paling bawah adalah total dari satu kolom, na semua nilai total di jumlah sehingga menghasilkan sebuah "Nilai Total".
Peraturannya adalah operator aritmatika dalam perhitung pada lembaran kerja itu berdasarkan tabel referensi, contohnya kita akan mencari nilai pada Sel "R3" atau dapat anda lihat pada gambar di bawah ini pada lembaran kerja sudah saya kasih warna kuning.

pada R3 pada bagian kiri terdapat angka 3(O7) dan bagian atasnya terdapat angka 1 (R2). sekarang anda lihat juga pada tabel referensi pada bagian kiri anda cari juga angka 3(B6) dan angka 1 (D2) operator apa yang terdapat pada persilang tersebut (D6) yah operator "+" jadi pada sel R7 dapat di hitung dengan "3 + 1" hasilnya adalah 4. aturan membacanya adalah dari sisi kiri ke atas. 
pada tahapan ini sebenarnya dapat di cari secara manual atau menggunakan formula, di sini saya memberikan kebebasan memilih mahasiswa mau mencari manual atau secara formula.
apakah dapat kita menggunakan formula dalam menyelesaikan kasus ini ? jawabanya so pasti bisa. anda dapat melihat demo jawaban  pada video dibawah ini.


Sedikit bocoran sewaktu saya set soal ini adalah saat saya membuat soalnya pas saat saya sendiri sampai ke kampus, jadi sewaktu di labor jawaban belum saya temukan, tapi felling saya sendiri mengakatan ini dapat di selesaikan dengan formula. sehingga ada beberapa mahasiswa yang penasaran seperti apa formulanya, ada yang mencari sampai waktu habis tapi belum menemukan. 
sebagaimana janji saya, saya akan membagikan formulanya tersebut.
cara saya menyelesaikannya adalah :
saya membuat tabel referensi tambah untuk mengetahui operator pada setiap sel

formula untuk menampilkan operator tersebut adalah :
=VLOOKUP($BW3,$B$3:$L$12,IF(BX$2=$C$2,2,IF(BX$2=$D$2,3,IF(BX$2=$E$2,4,IF(BX$2=$F$2,5,IF(BX$2=$G$2,6,IF(BX$2=$H$2,7,IF(BX$2=$I$2,8,IF(BX$2=$J$2,9,IF(BX$2=$K$2,10,IF(BX$2=$L$2,11,ERROR)))))))))))
pada tabel lembaran kerja pada sel kiri atas saya akan menambahkan formula baru untuk melakukan perhitungan :
 =IF(ISERROR(IF(BX3="+",$P3+Q$2,IF(BX3="-",$P3-Q$2,IF(BX3="*",$P3*Q$2,IF(BX3="/",$P3/Q$2,ERROR))))),"0",(IF(BX3="+",$P3+Q$2,IF(BX3="-",$P3-Q$2,IF(BX3="*",$P3*Q$2,IF(BX3="/",$P3/Q$2,ERROR))))))
bagaimana cukup mudah bukan :D

silahkan download file Excel nya di sini :
DOWNLOAD
 jadi bagaimana pun perubahan pada operator pada tabel referensi akan secara otomatis berubah dan terhitung dengan sendiri. 

Berikan Komentar yang bermanfaat dan sehat.

Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama