PERANGKAT SMS GATEWAY ( part 3 )

Dalam membangun sebuah server SMS Gateway tidak memerlukan biaya yang besar, sehingga siapa saja bisa membuat server sms getaway itu sendiri.
Perangkat SMS gateway terdiri antara lain :
Hardware
Dalam membangun sms gateway ini hardware perlu di perhatikan sekali, apabila anda menggunakan hardware yang kurang suport akan menghasilkan hasil yang kurang memuaskan. Hardware yang kita gunakan adalah sebagai berikut
Phone atau modem Phone
Handphone dan Modem adalah perangakat yang akan menguhubungi antara Server dengan User. Istilah user kita gunakan di sini di tujukan kepada Handphone yang melakukan Request kepada Server. Dalam tahap ini saya menggunakan 2 buah modem yaitu : Modem GSM D-Link dan HP Nokia E71. Skema dalam pemakai 2 modem ini bisa kita lihat pada gambar di bawah ini .
Di sini anda tidak perlu mengikuti perangkat yang saya pakai, anda bisa menggunakan perangakat modem yang lain yang bisa anda gunakan. Dalam pemilihan modem GSM atau CDMA carilah modem yang suport melakukan SMS, karena setelah saya coba beberapa modem ada yang kurang suport untuk melakukan SMS. Dalam pemilihan modem usahkan di sesuaikan dengan Sim card yang akan gunakan. Di sini saya menggunakan SIM card XL dengan alasa saat ini XL banyak melakukan bonus SMS, 
Saran saya kalau anda menggunakan Modem HP sabaiknya menggunakana HP yang tidak memakai Memori card, setelah melakukan percobaan saya dengan menggunakan 1 modem HP nokia E71 ternyata sistem tidak mensuport.Jadi carilah modem Hp yang support atau yang tidak menggunakan memori card.
Kartu SIM Card
Dalam pemilihan Sim card usahakan yang suport jaringan di daerah anda. Berikut ini adalah beberapa produksi telekomunikasi yang ada di indonesia.
Daftar Ketegori Jaringan mobile
Daftar Kode SLI di Indonesia
Daftar produk menurut nomor awal

 Kabel Data
Kabel Data yang bagus adalah kabel data bawaan dari handphone tersebut, dari beberapa percobaan memakai kabel data yang di beli di pasar ada beberapa kendala yang di temukan dan kurang kompetible dengan handphone dan sistem. sebuah ponsel dengan 3. kabel data (Kabel berantarmuka serial yang dapat menghubungi ponsel dengan PC) atau dapat munggunakan InfraRed dan piranti lunak sebagai SMS Gateway.
Komputer
Permilihan PC untuk sms getaway sangatt di perhatikan. Kecepatan balasan atau respon sms tergantung dari PC dan sistem. Dengan nowsms mampu mengirimkan 1000 lebih sms dalam 1 menit, tergantung dari kondisi PC. kalau Sistem mampun tapi komputer kurang suport sama juga kurang efesien. Carilah spesifikasi komputer yang tinggi dan mampu tahan lama..
Software
Nowsms
NowSmS adalah software yang kita gunakan untuk membuat sistem sms getaway. Dengan nowsms telah terdapat fitur yang dapat mendukung smsgetway tersebut antara lain :
a.       Pembacaan modem secara otomatis
b.      Adanya tampilan web interaktif.
c.       Installasi yang mudah dan cepat
d.      Pengirimanan ke email
e.       Mampu mengirimkan rintone dan Pesan multimedia
f.       Dll
Pc suit
 adalah program yang melakukan pemasangan driver ke PC, PC suit telah banyak mealkukan support ke merek handphone yang ada, seperti pc suit nokia adalah pc suit untuk driver nokia, dan ada juga driver pc suit soni erikson, ini ada driver untuk handphone merek soni erikson. PC suit sangat gampang di dapat, ada juga saat pembelian handphone sudah di kaish langsung pc suitnya, atau anda bisa mendownloadnya pada situs resmi handphone anda.
Notepad ++
Notepad ++ adalah aplikasi kecil yang bagus untuk  melakukan editan tehadap file php, asp, html, c ,C++ dan dll. Karena ringan dan proses cepat dan memberikan kita kemudahan untuk melakukan pengeditan. Program ini free.
Webserver
Bagi saya bahasa webserver adalah sebuah program yang dapat menampilkan hasil dari file html, php, asp. Webserver ada juga yang online tapi anda tidak usah cemas karena semua ini kita kerjakan secara offline, di sini saya menggunakan PHPTriad/WOS sebagai webserver saya. 
Tool Browser
Tool Browser adalah tool untuk melakukan browser ke halaman web.contoh dari tool browser adalah mozila firefox, opera, Internet Explorer, dll

Berikan Komentar yang bermanfaat dan sehat.

Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama