Arti Warna LED Pada Network Adapter atau NIC


Berikut ada beberapa penjelasan mengenai arti warna led pada network adapte atau NIC :

1. Ketiga lampu status LED mati ( Link, Aktivitas, Collosion ).

Jika pada network adapter tidak ada satupun lampu LED yang nyala maka berarti network adapter atau NIC sama sekali tidak terkoneksi ke jaringan. Biasanya penyebanya adalah sebagai berikut:
a. NIC rusak
b. Kabelnya bermasalah
c. Tidak ada perangkat yang terkoneksi pada ujung kabel satunya
d. Port hub atau switch yang terhubung dengan komputer tersebut rusak

2. LED link = Merah atau Orange , LED aktivitas = OFF, LED Collosion = OFF

Kondisi ini memberikan gambaran bahwa network card interface menerima sinyal melalui koneksi jaringan namun sinyal tersebut tidak normal( normalnya adalah warna hijau pada LED Link). Hal ini biasanya disebabkan oleh beberapa faktor.
a. Transceiver pada NIC dari komputer tersebut atau perangkat yang terkenoksi dengannya mengalami kerusakan.
b. Jenis kabel yang dipakai tidak sesuai.
c. Koneksi yang terjadi tidak sesuai dengan standar dari networking.
d. Pada beberapa switch, lampu orange menandakan koneksi yang lambat dengan bandwidth sekitar 10 Mbps. Untuk koneksi dengan bandwidth 100 Mbps lampu LED mungkin akan menunjukkan warna hijau

3. LED link = Hijau (Tidak kedap-kedip) , LED aktivitas = OFF, LED Collosion = OFF

Warna hijau pada status link mengindikasikan bahwa koneksi yang ada sudah benar dan sudah sesuai dengan aturannya, tetapi tidak ada aktivitas data yang lewat.

4. LED link = Hijau (tidak kedap-kedip) , LED aktivitas = ON (kedap-kedip), LED Collosion = OFF

Kondisi ini adalah kondisi normal, semuanya berjalan sesuai dengan yang diinginkan, link tidak ada masalah aktivitas lalu-lintas berjalan dan tidak ada tabrakan atau collosion. Hal ini berlaku untuk komputer maupun untuk hub dan switch. Hanya pada komputer terlihat LED collosion.

5. LED link = Hijau (tidak kedap-kedip) , LED aktivitas = ON (kedap-kedip), LED Collosion = ON (sesekali kedap-kedip).

Kondisi ini adalah kondisi normal, semuanya berjalan sesuai dengan yang diinginkan, link tidak ada masalah aktivitas lalu-lintas berjalan dan hanya sesekali ada tabrakan. Pada port switch di mana sudah dilengkapi dengan fitur full duplex, tidak ada tabrakan atau collosion.

6. LED link = Hijau (tidak kedap-kedip) , LED aktivitas = ON (kedap-kedip), LED Collosion = ON ( kedap-kedip).

Kondisi ini adalah kondisi normal namun terjadi banyak sekali tabrakan data saat proses transmisi . Pada port switch di mana sudah dilengkapi dengan fitur full duplex, tidak ada tabrakan atau collosion.
Kemungkinan penyebab termasuk:
a. Ada NIC dalam jaringan yang rusak. NIC yang rusak tersebut terus menerus mengirimkan sinyal tanpa terlebih dahulu mendeteksi kondisi network untuk memastikan boleh tidaknya untuk mengirim. Kondisi ini dikenal sebagai chattering atau jabbering.
b. Terlalu banyak perangkat yang terkoneksi pada jaringan, jumlah perangkat yang banyak meningkatkan resiko terjadinya collosion. Solusinya adalah mengganti hub dengan switch, atau router untuk membagi jaringan menjadi segment yang terpisah sehingga akan mengurangi jumlah tabrakan.

Demikian, jika anda memahami arti dan makna LED pada network adapater atau NIC dari Switch, hub dan juga komputer maka akan lebih mudah dan efisien dalam mengatasi masalah jaringan yang terjadi.

Berikan Komentar yang bermanfaat dan sehat. Conversion Conversion Emoticon Emoticon