Set DHCP SERVER Mikrotik


Untuk melakukan tahap set DHCP server pada mikrotik sebagai berikut :
Pastikan semua konfigurasi anda sudah berjalan dengan benar

 Buka winbox lalu pilih IP -> DHCP server -> DHCP SETUP lalu pilih interface , di sini saya memberikan DHCP untuk interface LAN.

 Jika sudah klik Next
Karena IP address pada interface LAN adalah 192.168.23.1 secara otomatis akan di berikan IP space adalah 192.168.23.0/24

Klik Next , lalu masukin IP gateway. Di sini saya memberikan Ip gatewaynya adalah 192.168.23.1

Klik Next , selanjutnya anda masukin IP Range yang anda inginkan. Di sini saya akan memberikan range IP dari 100-200

Klik Next, selanjutnya masukin DNS yang anda inginkan, sebagai contoh saya memberikan DNSnya Google yaitu 8.8.8.8 | 8.8.4.4

 Selanjutnya adalah mengatur jadwal penyewaan IP terhadap client. Di sini saya memberikan waktu penyewaan selama 23 jam

Jika kita buka menu IP POOL maka akan ada dhcp_pool1 yang berisi IP range yang sudah kita buat tadi

Berikan Komentar yang bermanfaat dan sehat.

Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama