Cara mengganti tanggal sebuah File

Tadi malam datang seorang mahasiswi minta bantu bagaimana cara menganti tanggal yang ada pada file video. mahasiswi ini adalah seorang calon wisudawati yang mana akan mengikuti sidang kompre, kenapa video tersebut harus di ganti tanggalnya? ternyata video tersebut di ambil sebelum melakukan seminar, dan seharusnya video tersebut harus diambil setelah seminar. kalau dia melakukan pengambilan video maka waktu tidak sempat lagi. jadi solusinya adalah menganti tanggal video tersebut.
pada informasi propertis tersebut terdapat 3 buah tanggal yaitu :
Tanggal "Created" yang mana setiap kita melakukan paste file maka tanggal ini akan berubah sesuai dengan tanggal hari tersebut, informasi juga lengkap dengan jam.

Tanggal "Modified" tanggal ini adalah tanggal saat pengambilan video, atau tanggal terakhir dilakukan modifikasi terhadap file tersebut.

Tanggal "Accessed" saya kurang paham maksud dari tanggal ini, mungkin tanggal ini adalah kapan kita melakukan akses ke file tersebut, jika salah saya mohon maaf ^_^.

yang jadi permasalah adalah tanggal Modified tersebut, bagaimana yang di tuturkan mahasiswi tersebut, sang dosen akan melihat data tanggal ini untuk mengetahui apakah mahasiswi tersebut melakukan pengambil video pada tanggal setelah seminar.
Nb : tanggal di atas adalah sebagai contoh saja.
setelah pusing tujuh keliling dunia, sang mahasiswi tersebut bingung antah barantah, sehingga hampir patah semangat untuk wisuda. dari cerita mahasiwi tersebut saya berpendapat  bahwa cukup kreatif juga jika dosen penguji akan melakukan cek info tanggal file tersebut. apakah data tanggal pada sebuah file tersebut dapat di ganti atau tidak ? jawabannya adalah bisa.
dengan menggunakan sebuah tool yang bernama "FileDateChanger", tool ini cukup ringan dan mempunyai kapasitas yang kecil. untuk menggunakan tool ini anda tidak perlu melakukan installasi, cukup klik & run saja, karena sifatnya tool ini stand alone.
cara menggunakannya cukup mudah setelah tool ini di runingkan maka akan ada tampilan seperti gambar diatas,lalu klik "Add Files" untuk memasukan file yang akan ingin diganti.

cetang pada bagian bawah data tanggal mana yang ingin diganti, pada contoh saya akan merubah data tanggal modified Date saja menjadi tanggal 20 Agustus 2015 jam 10:32:52 AM

Jika sudah klik button "Change Files Date"
Jika sukses akan muncul seperti gambar diatas.
sekarang cek lagi file yang sudah diganti tersebut, apakah data yang baru sudah berubah sesuai dengan apa yang di inputkan tadi.


gimana cukup mudah bukan.
Download Tool di sini

1 Komentar

Berikan Komentar yang bermanfaat dan sehat.

Posting Komentar
Lebih baru Lebih lama