Jawaban [UTS] dari RAHMAT GITO PRADANA



Pertanyaan :
Bagaimana mempercepat loading Windows pada waktu Booting atau pertama kali menghidupkan computer ?

Jawaban :

ada beberapa cara untuk mempercepat Loading Booting Windows. antara lain adalah :

1. Matikan Proses Startup Yang Tidak Perlu
Buka start menu windows, pilih Run.. dan tuliskan msconfig kemudian klik OK. Pilih tab Startup dan uncheck semua program windows yang tidak ingin anda jalankan saat proses booting.



Pastikan anda membiarkan program antivirus dan firewall untuk berjalan saat startup
Kemudian pilih tab Boot dan check "No GUI boot", klik Apply dan tutup jendela msconfig dengan OK.
2. Defrag Hard Disk Komputer Secara Berkala
Defragment hard drive komputer dimaksudkan untuk menata ulang file dan data yang sudah tersimpan namun belum tertata rapi. Tidak ada efek samping data hilang atau terhapus jika menjalankan program disk defragmenter pada windows.
Lamanya proses defrag hard disk tergantung banyak tidaknya file yang tersimpan dalam masing-masing drive (C, D, E). Sebelum melakukan langkah ini, sebaiknya anda menutup semua program yang sedang berjalan.

3. Minimal Free Space Hard Drive
Di drive mana anda menginstal sistem operasi windows 7? Pastikan drive tersebut minimal memiliki 20% free space agar proses booting tidak memakan waktu lama.


4. Manfaatkan Disk Cleanup Windows
Disk cleanup adalah program bawaan microsoft windows yang berfungsi untuk membersihkan file sampah seperti temporary files, log files dan file yang masih ada di Recycle Bin.
File-file tersebut nantinya akan dibuang dan dihapus secara permanen dari hard disk. Efeknya tentu saja ruang kosong hard drive akan bertambah serta kinerja komputer meningkat termasuk proses booting.
Anda juga bisa menggunakan software dari pihak ke tiga untuk menjalankan tugas bersih-bersih dengan kemampuan yang hampir sama.

5 Jangan Pasang Banyak Antivirus
Hampir setiap orang selalu memasang antivirus lebih dari satu, dengan alasan untuk terhindar dari virus?. sebenarnya antivirus tersebut sama dengan obat, jika anda menkonsumsi obat secara berlebihan bukan kesehatan yang didapat tapi penyakit baru yang akan timbul. jadi untuk penggunaan antivirus tersebut adalah gunakan satu antivirus yang selalu update.

Berikan Komentar yang bermanfaat dan sehat.

Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama