Mengenal Helper HTML Pada CodeIgniter

Untuk mengaktifkan helper html pada codeigniter terdapat dua cara yaitu dengan memanggil atau mengaktifkannya langsung dari controller dan cara kedua adalah dengan mengaktifkan helper HTML dengan cara memanggil atau mengaktifkannya dari file config.php codeigniter.
berikut ini adalah cara mengaktifkan helper html codeigniter dengan cara memanggilnya langsung pada controller. buka file controller anda. di sini file controller saya application/controllers/Belajar.php
application/controllers/Belajar.php
<?php
defined('BASEPATH') OR exit('No direct script access allowed');
class Belajar extends CI_Controller {
 function __construct(){
  parent::__construct();
  $this->load->helper('html');
 }
 public function index(){
  $data = array('judul' => "Belajar Framework Codeigniter",
       'nama' => "Harry Setya Hadi");
  $this->load->view('view_belajar', $data);
 }

}
syntax berikut ini yang berfungsi untuk memanggil helper. dan helper yang di panggil adalah helper html. masukkan helper yang ingin di panggil dalam parameter function.
$this->load->helper('html');
Perlu di perhatikan di sini saya memanggil nya pada function construct sehingga di panggil pada saat halaman di load. dan sehingga helper html tidak perlu lagi di panggil jika di gunakan pada function lain. selain mengaktifkan helper dari controller langsung anda juga bisa mengaktifkan atau memanggil helper dari pengaturan autoload codeigniter, yaitu di application/config/autoload.php
$autoload['helper'] = array('html');
jika anda sudah mengaktifkan nya dari controller anda tidak perlu lagi mengaktifkannya pada config autoload.php, begitu juga sebaliknya.

Menggunakan Helper html Pada CodeIgniter

Setelah memanggil helper html, Untuk membuat heading dengan helper html cara nya dengan cara menggunakan function heading(), function heading() adalah fungsi yang di sediakan oleh codeigniter untuk membuat heading.berikut adalah cara membuat heading dengan codeigniter.
kemudian pada view view_belajar.php saya membuat heading dengan function heading().
application/view/view_belajar.php
<!DOCTYPE html>
<html>
<head>
 <title>Cara Membuat View Pada CodeIgniter</title>
</head>
<body>
 <?php 
 echo heading("Belajar Framework CodeIgniter",1);
 echo heading("Belajar Framework CodeIgniter",2);
 echo heading("Belajar Framework CodeIgniter",3);
 echo heading("Belajar Framework CodeIgniter",4);
 echo heading("Belajar Framework CodeIgniter",5);
 echo heading("Belajar Framework CodeIgniter",6);
 ?>
</html>
kemudian untuk membuat tag break dengan helper html codeigniter kita busa menggunakan function br(). lalu masukkan nilai berapa kali <br> ingin di buat. misalnya br(2) untuk membuat tag <br/> sebanyak 2 kali.
kemudian untuk menampilkan gambar dengan htlper html codeigniter, codeigniter juga telah menyediakan function untuk menampilkan gambar dengan codeigniter, caranya kita bisa menggunakan function img() untuk menampilkan gambar dengan function codeigniter. lalu masukkan lokasi file gambar di dalam function img(). misalnya img(‘file gambar anda di sini’).

Berikan Komentar yang bermanfaat dan sehat.

Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama