Back up phonebook dengan Nokia PC-suite

Banyak fitur yang ditawarkan oleh Nokia PC-suite ini, diantaranya tentu back up. Pada saaat post ini saya tulis, Nokia PC-suite terbaru adalah Nokia PC-suite versi 7.1. Sayangnya, Nokia PC-suite tidak dapat berteman dengan semua operating system, hanya dengan Micr$oft Window$ saja. Requiremnet yang dibutuhkan adalah sedikitnya 300 MB ruang disk yang tidak terpakai dan salah satu sistem pengoperasian berikut:
• Windows Vista edisi 32-bit dan 64-bit
• Windows XP Professional edisi x64 (Service Pack 2)
• Windows XP (Professional atau Home Edition) (ServicePack 2 atau yang lebih baru)
• Hak administrator pada PC untuk menginstal perangkat lunak di sana

Nokia PC-suite untuk kemudahan anda dapat dihubungkan secara wireless dengan infrared dan bluetooth untuk maksimal kenyamanan anda. Software Nokia PC-suite dapat diinstal dengan dua cara, yaitu dari CD-ROM yang disertakan dalam paket penjualan dan download di Internet. Untuk cara download dari CD-ROM:

1. Untuk memulai pemasangan, masukkan CD-ROM ke dalam drive CD-ROM PC anda lalu klik pilihan pemasangan.
2. Pilih bahasanya, dan klik OK. Program pemasangan dimulai.
3. Ikuti petunjuk pada layar, dan perhatikan hal-hal berikut:
• Jika sudah tersambung ke Internet, Nokia PC Suite akan memeriksa apakah Nokia PC Suite versi terbaru atau patch tersedia di halaman Web Nokia PC Suite. Jika tersedia, Anda dianjurkan untuk men-download dan memasang versi terbaru dari halaman Web Nokia PC Suite.
• Anda harus membaca dan menerima perjanjian lisensi sebelum melanjutkan.
• Anda mungkin diminta untuk memulai kembali komputer selama pemasangan.
4. Setelah pemasangan selesai, wizard Hubungkan otomatis terbuka dan anda dapat memilih jenis sambungan yang akan digunakan.
5. Tergantung pada model teleponnya, Anda mungkin perlu memasang aplikasi dukungan PC Suite untuk pesan SMS/MMS dan grup kontak. Wizard Hubungkan akan memberitahu Anda mengenai pemasangannya. Perhatikan bahwa Anda harus menyelesaikan pemasangan pada antarmuka pengguna telepon Anda.

[ad#biindit]

Untuk instalasi dari internet:

1. Buka browser Web dan kunjungi www.nokia-asia.com/pcsuite > Compatibility & Download (Kompatibilitas & Download).
2. Pilih model telepon Anda dari daftar model yang kompatibel.
3. Pilih bahasa yang akan di-download dari daftar buka-bawah lalu klik Download.
4. Klik Run [Jalankan] atau Open [Buka] untuk memulai pemasangan. ATAU Klik Save [Simpan] dan menyimpan file tersebut ke PC anda. Kemudian gulir ke file yang di-download lalu klik untuk memulai pemasangan.
5. Ikuti petunjuk pemasangan pada layar, dan perhatikan hal-hal berikut:
• Anda harus membaca dan menerima perjanjian lisensi sebelum melanjutkan.
• Anda mungkin diminta untuk memulai kembali komputer selama pemasangan.
6. Setelah pemasangan selesai, wizard Hubungkan otomatis terbuka dan anda dapat mengatur jenis sambungan yang akan digunakan.
7. Tergantung pada model teleponnya, Anda mungkin perlu memasang aplikasi dukungan PC Suite untuk pesan SMS/MMS dan grup kontak. Wizard Hubungkan akan memberitahu Anda mengenai pemasangannya. Perhatikan bahwa Anda harus menyelesaikan pemasangan pada antarmuka pengguna telepon Anda.

Setelah selesai, anda dapat menghubungkan handphone dengan Nokia PC-suite, nyalakan Nokia PC-suite kemudian hubungkan dengan telepon menggunakan kabel USB atau bluetooth, terserah anda. Berikut adalah tampilan Nokia PC-suite:



Setelah tersambung antara Nokia PC-Suite dengan handphone anda, maka langkah selanjutnya adalah melakukan back-up data. Nah, uniknya ada 2 cara yang bisa anda lakukan. Cara pertama adalah sinkronisasi antara buku telepon dan kontak di Micro$oft Outlook anda atau cara kedua dengan back-up semua file di handphone. Untuk cara pertama, tentunya anda harus buat dulu account di Micro$oft Outlook anda. Cara ini memang sepintas sedikit ribet, tapi percayalah it’s good for your health. Dengan cara ini, anda bisa melihat daftar-daftar kontak yang ada. Cara yang kedua lebih gampang, tapi setelah isi file terback-up, kita tidak bisa melihat daftar kontaknya karena isi file sudah dibungkus oleh file yang hanya dimengerti oleh handphone anda, jadi untuk melihatnya ya harus di-restore balik ke handphone dulu, baru terbaca.

Ok, kita mulai dengan cara yang pertama yuk:

Dengan Nokia PC Sync Anda dapat menyinkron kontak, item kalender/agenda, catatan dan e-mail antara ponsel Nokia dan PC Personal Information Manager (PIM). Anda juga dapat menyinkron penanda dan RSS feed antara ponsel Nokia dan browser web yang didukung, atau file dan folder antara ponsel Nokia dan PC. Sinkronisasi berarti informasi pada telepon dan PC Anda disamakan. Perhatikan, bahwa tidak semua model telepon mendukung fungsi yang menyinkronkan e-mail atau penanda serta RSS feed.
Anda dapat menyinkronkan ponsel Nokia yang kompatibel dengan aplikasi PIM PC berikut ini:
• Microsoft Outlook 2000/2002/2003/2007
• Microsoft Outlook Express / Buku Alamat Windows
• Kalender dan Kotank Microsoft Windows
• Lotus Notes 5.x, 6.x, 7.0 dan 8.x
• Lotus Organizer 5.x dan 6.x

Untuk membuat tugas sinkronisasi pertama
1. Hubungkan telepon anda ke PC
2. Pada jendela layar utama Nokia PC Suite, klik Sinkronkan , untuk membuka Nokia PC Sync.
3. Apabila anda membuka PC Sync untuk pertama kalinya, wizard Create settings [Buat pengaturan] terbuka secara otomatis. Anda dapat melewatkan wizard dan memulai sinkronisasi dengan pengaturan standar, atau ikuti petunjuk pada layar untuk menyelesaikan proses wizard. Anda dianjurkan mengikuti wizard untuk mendapatkan pengaturan pribadi anda yang sesuai untuk sinkronisasi. Ikuti petunjuk pada layar untuk mengatur, misalnya:
• Aplikasi PIM yang akan digunakan untuk menyinkronkan telepon.
• Informasi yang akan disinkronkan.
• Pengaturan untuk item yang dipilih untuk sinkronisasi.
4. Di halaman Finish [Selesai] wizard, klik Advanced [Lanjutan] jika anda ingin membuat pengaturan untuk sinkronisasi otomatis dan resolusi konflik.
Untuk informasi lebih lanjut tentang pengaturan, lihat petunjuk Nokia PC Suite.

Untuk membuat tugas sinkronisasi baru
1. Hubungkan telepon anda ke PC
2. Pada jendela layar utama Nokia PC Suite, klik Sinkronkan , untuk membuka Nokia PC Sync.
3. Klik Pengaturan.
4. Klik Buat pengaturan baru.
5. Di halaman Settings [Pengaturan] wizard, pilih, misalnya, aplikasi PIM PC yang akan digunakan saat sinkronisasi, informasi apa yang akan disinkronkan, dan kisaran sinkronisasi.
6. Di halaman terakhir Wizard klik Advanced [Lanjutan] jika anda ingin membuat pengaturan untuk sinkronisasi otomatis dan resolusi konflik. Berdasarkan apa yang ingin anda sinkronkan, tab pada jendela layar Settings [Pengaturan] dapat aktif atau nonaktif. Isi tab yang aktif.
7. Klik OK setelah selesai membuat tugas sinkronisasi baru.

Nah, sekarang kita coba cara yang kedua, yaitu dengan back-up semua data, mungkin di Nokia PC-suite lebih dikenal dengan Content copier. Nokia Content Copier Anda dapat membuat cadangan konten telepon pada PC. Anda dapat membuat cadangan seluruh konten, atau memilih sejumlah konten yang ingin Anda buatkan cadangannya. Anda harus membuat cadangan isi data telepon Anda secara rutin untuk membantu mencegah hilangnya data penting. Anda dapat mengembalikan konten telepon ke model telepon yang sama, yang digunakan pada asalnya untuk membuat cadangan tersebut, atau mengimpor konten ke telepon Nokia model yang lain. Jika Anda mengembalikan file cadangan ke model telepon yang sama, yang digunakan pada asalnya untuk membuat cadangan tersebut, maka data yang ada di telepon Anda akan digantikan oleh data dari file cadangan.

Untuk membuat cadangan konten telepon Anda
1. Hubungkan telepon Anda ke PC. Harap diperhatikan, bahwa kabel USB adalah jenis sambungan tercepat untuk mentransfer file antara telepon dan PC.
2. Di jendela utama Nokia PC Suite, klik Buat cadangan untuk membuka Nokia Content Copier.
3. Klik Membuat cadangan.
4. Dari daftar jenis konten yang tersedia, pilih yang ingin Anda buat cadangannya, lalu klik Berikutnya.
5. Tentukan nama dan lokasi penyimpanan untuk file cadangan, lalu klik Berikutnya. Setelah membuat cadangan konten telepon, klik Melihat laporan jika Anda ingin melihat rincian informasi mengenai operasi pembuatan cadangan.

Untuk mengembalikan atau mengimpor file cadangan
1. Hubungkan telepon Anda ke PC. Harap diperhatikan, bahwa kabel USB adalah jenis sambungan tercepat untuk mentransfer file antara telepon dan PC.
2. Di jendela utama Nokia PC Suite, klik Buat cadangan untuk membuka Nokia Content Copier.
3. Klik Memulihkan.
4. Pilih file cadangan untuk dikembalikan atau diimpor, lalu klik Berikutnya.
5. Dari daftar jenis konten yang tersedia, pilih yang ingin Anda kembalikan, lalu klik Berikutnya. Setelah konten telepon dikembalikan atau diimpor, klik Melihat laporan jika Anda ingin melihat rincian informasi mengenai operasi pengembalian dan impor.

sumber: Nokia Indonesia

4 komentar

Click here for komentar
4 September 2010 01.56 ×

Informasi yang sangat bermanfaat ...
Thanx for sahring.

Reply
avatar
xmoensen
admin
4 September 2010 05.33 ×

terima kasih mas

Reply
avatar
Winne
admin
19 Oktober 2010 12.29 ×

thanks infonya

Reply
avatar
aza
admin
16 Februari 2011 11.13 ×

kalau dari NOKIA dipindah ke HP lain bgmna ? (misal ke samsung) ..
thanks

Reply
avatar

Berikan Komentar yang bermanfaat dan sehat. Conversion Conversion Emoticon Emoticon