Perhitungan Bandwidth Speedy

Mungkin hampir semua yang melakukan akses internet atau pengelola internet mengenal kata bandwidth, benar kan, apa lagi masyarakat IT. Perkembangan warnet saat ini sangat pesat dan menguntung bagi yang berusaha warnet.
Saat anda melakukan pergi ke telkom untuk berlangganan ISP ( Internet Service Provaider ) Speedy, tentu anda akan di berikan brosur kan. Di brosur di katakan bahwa Telkom Speedy mampu mendownload dengan kecepatan 1Mbps, tapi saat penggunaanya hanya mencapai kecepatan 80kB/Sec. Tentu anda akan kesal dan bilang telkom melakukan penipuan besar-besaran, jangan bilang tidak karena telah banyak kejadian yang pernah saya hadapi terhadap komplent tersebut. Tidak pengusaha warnet tapi mahasiswa yang berlandasan IT ikut komplent ( termasuk saya ). Untuk mahasiswa yang berbasis IT mungkin pernah belajar bandwidth, yang dimana bandwicth di ibaratkan sebagai slang atau pipa.
Soal bandwidth yang 1Mbps yang diberikan telkom, yang faktanya dan kebenaranya adalah Telkom tidak pernah melakukan penipuan besar2an. Yang salah adalah pelangan yang komplent tersebut.Kenapa pelangan yang salah. Ok saya akan menjelaskanya secara hitung-hitunganan tersebut.
Koronologi kejadian sebagai berikut :
Paket GAME (Unlimited 1 Mbps)
Dengan kecepatan 1 Mbps downstream dan 256 kbps upstream.
Paket game mempunyai kecepatan 1Mbps dan 256 kbps upstream. Anda mengerti dari maksud penjelasan tersebut ? tidak.mungkin anda berpikir yang mana bandwidth download atau upload.silahkan googling aja.....
Kita bahas kecepatan 1Mbps saja :)
Bandwidth sudah ada 1Mbps kan, dan komputer yang akan di koneksikan 10 komputer ( sudah masuk komputer OP, biar hitung2-hitunganan mudah saja ).
Kembali pada materi bandwidth yang pernah saya pelajari dahulu, yaitu kecepatan suatu jaringan, biasanya menggunakan satuan “bit”. Megabit = 1000000bit sehingga 1Mbps = 1000000bit/second. Sudah mengertikan hitungannya, kurang jelas silahkan googling aja :D.
Permasalah terjadi ketika program penujukan seperti dialog box download di windows dan kebanyakan program menggunakan satuan byte. Supaya anda bingung, singkatan bit dan byte hanya di bedakan oleh huruf besar dan huruf kecil. Contoh , 1Kbps ( dengan huruf “b” kecil) artinya 1Kilobyte/second sedangkan 1KBps ( dengan huruf “B” besar ) artinya 1kilobit/second. Satuan byte sendiri merupakan satuan untuk menunjukan 8bit atau 1 byte = 8 bit. Bisa di mengerti, kalau kurang mengerti silahkan pahami secara berlahan-lahan.
Dengan demikian kecepatan download 1Mbps mempunyai arti yang sama dengan 1000 Kbps/8 = 125. Dalam keadaan yang ideal sekali barulah pengguna akan mendapatkan kecepatan download sebesar 125 KB/Sec dan kecepatan 80 KB/Sec terntu sudah sangat bagus dan bisa di terima dengan akal sehat.
Jadi gimana tanggapan anda selama ini terhadap telkom ?

Dimana kecepatan 1Mbps tersebut musti di bagi 10 komp akan menjadi 12.5KB/Sec yang akan di terima oleh 1 komputer.
Trus pernah anda menghadapi masalah, kemaren kecepatan download cepat kok sekarang lelet bgt ? itu sudah biasa terjadi kalau warnet tidak menggunakan route. Atau sering saya sebut bandwitdh lepas, yang di ibaratkan air kran di masjid, siapa duluan dia yang dapat banyak air.Jadi kalau anda mendapatkan saat download lelet, jadi bersabar saja, karena anda kurang beruntung.
Trus gmn terhadap upload, silahkan anda pahami sendiri, saya rasa dari penjelasan saya sudah bisa anda pahami.

3 komentar

Click here for komentar
masaru64
admin
2 Desember 2010 11.45 ×

Mantap penjelasannya, meski agak pembualan. hohohoho maaf,
ternyata hanya pada huruf besar dan kecil yang dibagi 8, coba kompie juga pakai satuan yang sama sama modem. jadi ga ada ke salah pahaman.

Reply
avatar
Abangjo
admin
10 Maret 2013 14.56 ×

nah kalo paket speady yg 2 Mbps itu berarti berapa gan? kalo ibaratkan 1 Mbps = 125kB/s berarti 2 Mbps = 250KB/s . Pertanyaannya apa iya UPTO 250KB/s karna realitasnya ngak nayamape segitu.... trus cara baginya gimana nich.... ane punya 9 client + 1 Server/billing...mohon pencerahannya....inbox ya di FB abangjo70 ditunggu

Reply
avatar
11 Maret 2013 07.46 ×

2 Mbps = 250KB/s
bagi 10 Komputer= 25KB/Sec
memang agan Abangjo kebanyakan ngk nyampe UPTO segitu, di karenakan beberapa faktor seperti Jarak, Kualitas kabel dan konfigurasi Moden dan router nya,

Reply
avatar

Berikan Komentar yang bermanfaat dan sehat. Conversion Conversion Emoticon Emoticon