Senin, 26 November 2012

Makan dan Minuman Khas Ranah Minang

by Harry Hank  |  in Wisata Sumatera Barat at   18.30


Setiap daerah mempunyai makanan dan minuman masing dari daerah tersebut, kali ini saya akan memperkenalkan makanan dan minuman khas ranah minang. So bagi yang berkunjung ke ranah minang jangan sampai kelewatan yah.

1. Masakan Randang 
siapa yang ngk tahu dengan makanan ini, setiap kali menyebut masakan randang semua orang pasti akan mengingat ranah minang. makanan khas ranah minang ini sudah menjuru dunia, dan dari negara eropa dan amerika yang membuka restoran indonesia sudah ada menu masakan randang ini.

ada beberapa jenis masakan randang ini (sepengetahuan Penulis) : 1. Randang Basah dan 2. Randang Kariang.
pernah saya mencoba masakan randang di luar daerah ranah minang tapi rasanya berbeda sekali yang mana saya rasakan di kampung sendiri. sekarnag ini orang membuat rendang butuh waktu beberapa jam sudah jadi, dan sudah ada juga bumbu yang jadinya. tapi kalau yang aslinya membuat masakan randang ini membutuhkan waktu sekitaran 6-10 jam. kalau ngk percaya coba saja datang ke tempat suatu pernikahan lalu pergi kedapurnya.

2. Teh Talua ( Teh Telor )

Hmmmm.. minuman kesukaan saya yang satu ini, kenapa ngk minuman yang simpel dan mempunyai rasa khas ini mempunyai engeri yang besar setelah meminumnya, tapi hati2 juga buat anda yang mempunyai tekanan darah tinggi atau pertama kali coba, beberapa teman saya yang pertama kali coba katanya badanya rada-rada panas. tapi kalau sudah biasa ngk ada masalah juga.
hampir setiap malam kalau ada ngumpul2 sama teman di cafe atau rumah makan akan pesan minuman teh talua ini. hampir semua cafe dan restoran/rumah makan menyediakan minuman teh talua, jadi saya tidak susah2 mencarinya.

ada beberapa teman2 saya kalau ingin mengetahui rumah makan padang di jawa itu orang padang atau ngknya, gampang saja membuktikannya, saat tanya minuman minta saja "TEH TELUA" kalau dia memberikan segelas TEH dan sebutir Telur bearti bukan orang padang tu. heheh cuma ini hanya sebuah gurauan juga, tapi saya pernah membuktikannya di daerah jakarta ada sebuah rumah makan padang, saat saya minta "TEH TALUA" malahan karyawannya bingung hahhaha.

3. Karupuak Sanjai ( Kerupuk Sanjai )
Karupuak Sanjai terbuat dari ubi singkong yang diparut tipis lalu digoreng dan diberi garam sebagai 
Penyedapnya. Kerupuk ini amat populer sebagai makanan oleh-oleh khas kota BukitinggiSumatera Barat. Kerupuk sanjai terdiri dari berbagai rasa antara lain ( sepengetahuan Penulis )kalau ada yang lain saya mohon maaf :D :
1. Karupuak Sanjai Tawar adalah kerupuk sanjai yang tidak menggunakan lado(cabai) ataupun Gula merah melainkan hanya diberi garam.
2. Karupuak Sanjai Saka adalah Kerupuk sanjai yang diberi/dioleskan Gula merah.
3. Karupuak Balado adalah Kerupuk sanjai yang diberi bumbu balado yang rasanya padeh (pedas) manih (Manis).
tapi semua jenis rasa sangat gurih dan enak buat menjadi cemilan saat berkumpul bersama sanak saudara atau sebgai oleh-oleh / buah tangan untuk keluarga atau teman.




4. Karak Kaliang/ Karupuak Angko Dalapan 
keripik sanjai yang berbentuk angka delapan terbuat dari tepung ubi yang enak.  ocok untuk cemilan waktu santai. kalau untuk nama kadang2 ada yang menyebutnya Karak Kaliang, dan ada juga Karupuak Angko dalapan, dan ada juga yang menyebutnya Sanjai Angko Dalapan. apapun namanya yang penting yang di tuju sama :D.
Biasanya Karupuak Angko dalapan ini sering di beli orang dengan pasangan nya karupuak sanjai.

5. Dendeng Batokok


Dendeng batokok adalah masakan khas Sumatera Barat dibuat dari irisan tipis dan lebar daging sapi setelah diiris tipis melebar lalu dipukul-pukul dengan batu cobek supaya daging nya menjadi lembut. Dan kemudian makanan ini diberi cabai hijau yang diiris kasar.Nyam..nyam enak baget deh kalau dendeng batokok ini, ngapain dendengnya cabe nya aja sudah enak, ngk perncaya cobain aja bakalan kecanduan deh :D.


6. Gulai Itiak (bebek)


Gulai itiak (itik) makanan khas yang terkenal dari Koto Gadang Agam, di Bukittinggi yang terletak tidak jauh dari Koto Gadang gulai itiak disebut tanak koto gadang. Masakan ini menggunakan itik sebagai bahan dasar, dengan bumbu cabe kriting hijau, laos, kunyit, jahe, daun salam daun jeruk dan daun kunyit. 
Membuatnya digunakan bebek (itik) muda yang setelah dipotong lalu dibakar terlebih dahulu. Hasilnya adalah gulai bebek (itik) yang bewarna hijau yang biasanya di sebut dengan Gulai Itiak Samba lado Ijau. gurih dagingnya dan racikan bumbu nya khas membut gulai itiak ini gurih dan enak. Kalau anda mau jalan-jalan ke bukit tinggu jangan lupa mencoba masaka ini, kalau anda nyesal deh.

7. Kalio Daging
Kalio adalah sebutan dari rendang setengah jadi, yang masih berwarna kecoklatan, sebenarnya rendang yang dijual kebanyakan warung padang di luar Sumatera Barat adalah kalio, Kalau kalio di keringkan dengan api kecil akan bewarna kehitaman dan itu baru disebut rendang Bumbu dasar kalio sama dengan rendang, yaitu santan, cabe merah giling halus, jahe, laos bawang merah bawang putih, daun jeruk, daun salam daun kunyit. Rendang dan kalio tidak menggunakan kunyit karena akan membuat teksturnya tidak bagus.

Isi kalio biasanya daging sapi, ayam, hati sapi atau jengkol (jariang). Khusus untuk hati dan jariang tidak dibuat kering menjadi rendang karena akan membuat bahan itu keras dan tidak enak

8 . Galamai


Galamai adalah salah satu makanan kecil dengan bahan dasar tepung beras ketan, gula aren dan santan yang berasal dari daerahSumatera Barat. Jika di daerah lain makanan sejenis ini dikenal sebagai dodol atau jenang. Hampir semua suku di Indonesia memiliki jenis makanan kecil ini.

Cara pembuatan galamai
Tepung beras ketan dimasak bersama santan kelapa dengan menggunakan gula tebu atau gula aren dengan menggunakan kuali yang sangat besar. Makanan ini biasanya dibuat untuk keperluan pesta pernikahan dan pesta adat lainya atau menjelang hari raya.

Galamai biasanya dibuat dengan cara bergotong-royong karena memerlukan banyak tenaga untuk mengaduk adonan dalam jumlah besar dan waktu lama. Hasil dari masakan ini berbentuk makan yang bewarna hitam mengkilat dan terasa manis.

9. Katupek Pitalah

Katupek (ketupat) pitalah adalah salah satu makanan spesifik di pasar Pitalah yang ramainya setiap hari Minggu. Katupek pitalah dan karupuak pitalah sebenarnya berasal dari Bungo Tanjung, tapi yang terkenal adalah katupek pitalah. Antara Pitalah dan Bungo Tanjung sebenarnya orangnya satu. Mereka menyatu dan populer dengan istilah “ Pita Bunga “( Pitalah Bungo Tanjung). Makanya kedua nagari tak saling komplain.

Katupek pitalah terbungkus dalam sarang katupek yang dibuat khusus dari daun kelapa. Sedangkan gulainya terdiri dari cubadak, lobak, rebung dan bumbu. Ciri-ciri gulai katupek pitalah, potongan cempedak gulainya agak besar, kuahnya agak kental. Katupek pitalah sudah banyak di jual di berbagai kota bahkan di Jakarta di jumpai juga katupek pitalah.

Bila kita masuk ke pasar Pitalah, akan terlihat sejumlah pedagang katupek berjejer di loos pasar berbaur dengan penjual makan lainnya. Los pasar Pitalah memang bukan khusus menjual katupat saja. Ada karupuak jangek ( kerupuk kulit) kerupuk pitalah, kacang goreng dan nasi. Semua memajang dagangannya di dalam los tersebut.

10. Bika

Jajanan ini dapat ditemui disepanjang jalan antara Padang Panjang menuju Bukittinggi, tepatnya didaerah sekitar Koto Baru. Salah satu yang cukup terkenal dan ramai dikunjungi adalah Bika Si Mariana. Penganan ringan ini tebuat dari tepung beras yang dalamnya diisi gula merah dan parutan kelapa dan aroma kayu manis.Terasa manis dan gurih saat digigit.
Yang menarik adalah sambil menunggu pesanan,kita bisa menyaksikan langsung proses pembuatan Bika tersebut. Adonan Bika yang sudah dimasukan kedalam belanga akan dibakar dengan api besar yang menyala dari sisi atas dan dasar belanga. Hingga bika matang. Setelah matang bika akan dibungkus dengan daun jati dan siap dibawa pulang.



11. NASI KAPAU

Kapau sebetulnya adalah nama sebuah nagari/desa di Bukittinggi yang terkenal dengan dengan masakan khasnya berupa rendang,dendeng balado dan gulai itiak lado mudo.
Khasnya rendang Kapau disajikan bersama kentang bulat kecil. Selain itu ,lauk pauk yang menyertai sajian nasi kapau adalah Gulai Tunjang,Ikan Mas,Ayam Balado dan Gulai Cubadak (nangka muda) plus kol,kacang panjang dan rebung.
Kalau berkunjung ke Bukittinggi. Lauknya biasanya rendang ayam yang disajikan bersama kacang merah…Agak terasa pedas memang tapi untuk daerah sedingin Bukittinggi Nasi Kapau memang terasa nikmat sekali…


12. IKAN BADA & RINUAK DARI DANAU MANINJAU


Dibalik keindahaan Danau Maninjau tersimpan ragam kuliner yang sangat khas dan hanya ditemuai disekitar danau tersebut yaitu ikan Rinuak dan ikan Bada. Kedua jenis ikan ini berukuran kecil seperti ikan teri (ikan rinuak lebih kecil dari ikan bada) dan hanya hidup didasar danau Maninjau.
Ikan ikan ini biasanya digoreng kering lalu disajikan dengan sambal tomat atau sambal dabu-dabu. Ikan Rinuak juga biasa dibuat Palai Rinuak, yaitu cara ikan dibungkus dengan daun pisang dan dibakar di atas bara api…Pas banget disantap bersama nasi hangat sambil menikmati keindahan Danau Maninjau….alaaah ..mak .. lamak bana..
Selain Bada dan Rinuak, ada juga siput-siput kecil yang biasa direbus dan ditumis hanya dengan bawang goring,garam dan irisan cabe sehingga terasa gurih dan sedikit pedas.. Atau Pensi,semacam kerang air tawar dari danau ini yang dimasak seperti sup..bakal menambah nikmatnya bersantap di Danau Maninjau..

13. ES DURIAN
Sajian yang satu ini memang cocok sekali dengan kota Padang yang panas..Segaarr.. Tapi jangan bayangkan durian yang tersaji dalam es adalah durian utuh. Isi semangkok es durian hampir sama dengan es campur, ada potongan cincau hitamnya, ada bubur pacar dan kelapa muda yang ditutup es serut. Diatas es serut ini akan dibanjiri dengan bubur durian dan di beri sedikit susu kental manis coklat sebagi pemanis.Ngilerkan.. cobain segera.apa lagi di nikmati saat cuaca panas.. hmmmm lamak bana. mintuo lewat indak tau 

14. PANGEK IKAN

Pangek ikan adalah masakan khas Ombilin, Solok. Daerah tempat ditemuinya ikan bilih satu-satunya daerah penghasil ikan bilih di Indonesia. Pengek ikan berwarna merah, karena menggunakan banyak cabe, persis seperti sampadeh ikan. Bedanya, rasa pangek ikan lebih asam, dan campurannya berbeda dengan sampadeh ikan. Jenis ikan yang digunakanpun berbeda. Pangek ikan menggunakan ikan gabus dengan warna daging yang putih dan ukuran sedang. 
Pangek ikan ini memiliki campuran singkong. Berbeda dengan sampadeh ikan, yang campurannya adalah kentang. Bumbu pangek ikan sangat khas, sehingga rasanya juga khas,dengan campuran potongan asam talunjuak membuat masakan pedas-pedas asam. Bagi Anda yang tak berselera makan, cobalah mencicipi pangek ikan. Masakan ini akan menggugah selera dengan syarat, ikan yang digunakan harus segar. Biasanya, pedagang juga mencampurkannya dengn ikan bilih, karena pangek ikan merupakan masakan khas Ombilin.

15. IKAN BILIH

Ikan Bilih mungkin tidak asing lagi bagi warga Sumatera Barat, jenis ikan yang seukuran jempol ini merupakan ikan khas Danau Singkarak. Uniknya lagi, ikan ini hanya ada di Danau Singkarak, sehingga makanan yang satu ini sangat khas, pastinya lagi jenis Ikan ini tidak akan ditemui di luar Sumatera Barat.
Agar tidak membosankan menikmati ikan bilih, saat ini pecinta kuliner meramu ikan tersebut menjadi cemilan yang gurih. Salah satunya dengan menggoreng ikan tersebut dengan beragam campuran rasa. Diantaranya Ikan Bilih Goreng Tepung, sesuai dengan namanya ikan ini digoreng dengan menggunkan tepung. Lebih gurih tepung tersebut dicampur dengan sejumlah rempah sehingga rasanya hhm..Tidak hanya itu ikan goreng tepung juga dibubuhi wijen, sehingga seluruh cita rasa berpadu dalamnya.
Ikan bilih goreng tepung ini dikemas dengan kemasan ukuran plastik sedang, camilan ini sangat cocok dijadikan oleh-oleh. Tidak mesti ke Singkarak, sebab camilan ini juga tersedia di sentra oleh-oleh yang ada di Kota Padang.

16. GORENG JARIANG (JENGKOL)

Tak lengkap rasanya jika menu satu ini tidak hadir sebagai menu pendamping pada waktu makan.Bahkan hampir setiap rumah makan yang menyediakan masakan minang menyajikannya sebagai salah satu menu andalan yang disukai banyak konsumen.Selain rasanya yang "kamek" dan baunya yang khas, menu goreang jariang (Jengkol) mampu membuat penyukanya menjadi ketagihan.
Meski dapat menimbulkan efek negatif seperti bau mulut tak sedap dan dan efek pada ginjal, namun tetap saja dirinya selalu meminta menu tersebut dihidangkan saat tengah makan di rumah makan atau restoran padang.
Untuk mengurangi efek negatif pada kesehatan jika mengkonsumsi menu ini berlebihan. Sebelum dimasak, jengkol terlebih dahulu direbus dengan banyak air sampai kulit mengelupas. Setelah ditiriskan, bahan ini kemudian di rebus lagi dengan dibubuhi sedikit garam dan sedikit kapur. Jengkol kemudian dikeprek sampai agak pecah-pecah, lalu goreng dengan minyak yang sedang panasnya.

17. NASI SEK
Yang satu ini hanya ada di kota Pariaman ..Hidangan ini sebetulnya tidak beda dengan nasi Padang kebanyakan tapi karena pakai istilah SEK segala inilah yang membuat orang jadi penasaran..Kok Nasi Sek??? “Nasi Sek" pertama popular sekitar tahun 80 an, Nasi SEK artinya ”nasi SEratus Kenyang”. Waktu itu, nasi yang lengkap dengan lauk-pauknya itu harganya hanya seratus rupiah. Murah memang. Namun seiring perkembangan zaman dan naiknya harga kebutuhan harga nasi ini memang tak mungkin lagi seratus rupiah. Meski begitu, nama nasi sek masih tetap menjadi istilah sampai sekarang. Namun tetap murah meriah bila dibanding hidangan restoran atau rumah makan pada umumnya.
Nasi Sek banyak dijual di sekitar objek wisata Pantai Pariaman. Berbeda dengan hidangan rumah makan pada umumnya, nasi sek sendiri disajikan dengan wadah daun.pisang. Memang itulah salah satu ciri khas dari nasiksek, yang biasanya dilengkapi dengan aneka lauk pauk, mulai dari ikan bakar, ikan gulai, goreng cumi-cumi, serta tidak ketinggalan pula sala lauak yang menjadi ikon makanan tradisional Kota Pariaman.


18. Sate Padang

Inilah salah satu kuliner khas Sumatera Barat yang mudah kita temui di manapun, terutama di kota-kota besar Indonesia. Tidak seperti sate pada umumnya yang menggunakan daging kambing atau ayam, sate padang berbahan utama daging sapi, lidah, atau jeroan (jantung, usus, dan tetelan). Bumbunya juga berbeda dengan sate pada umumnya. Bumbu sate padang adalah bumbu kacang (tekstur dan bentuknya lebih mirip bubur) yang dibumbui dengan cabai yang banyak sehingga mempunyai rasa yang pedas.

19. Ampiang Dadiah

Ampiang Dadiah, salah satu kuliner tradisional yang merupakan khas Ranah Minang. Namun meski khas Ranah Minang tidak semua tempat di Sumatera Barat bisa kita temui. Bahkan banyak juga orang minang yang tidak begitu kenal atau juga tidak pernah menicicipi makanan ini.
Bukittinggi merupakan salah satu tempat dimana kita bisa menemukan Ampiang Dadiah. Ampiang sendiri berarti “Emping”, dan Dadiah adalah hasil fermentasi susu kerbau murni. Nah nanti Ampiang sama Dadiah akan berkolaborasi indah dengan air jahe gula merah plus serutan es diatas nya. Hmm rasanya nano-nano, ada manis, asam, dingin. Jika anda berkunjung ke daerah bukit tinggi, jangan lupa untuk mencicipi Kuliner ini..


20. Sala Lauak dan Perkedel jaguang


Makanan yang terbuat dari campuran tepung beras dan ikan teri kering ini sungguh gurih. Berasal dari sebuah kota kecil di Sumatera Barat, Pariaman, tak heran bila sala ikan ini menjadi ciri khasnya kota Pariaman. Kalau sudah pernah mencicipinya, dijamin akan susah berhenti. Maunya lagi, lagi, dan lagi. Sala lauak ini dapat dijumpai di kawasan tepian pantai pariaman, dan sekarang sudah dapat di temui di pasar..

Kombinasi jagung manis menghasilkan perkedel yang sangat istimewa. Rasanya yang lezat pasti akan menggugah selera anda. perkedel ini dapat kita jumpai di daerah lembah anai. enak nya di makan saat masih panas .sampai kemaren saya menemukan sebuah kata-kata seperti berikut :

masih banyak jenis makanan dan minuman di daerah ranah minang ini, jika ada tambahan silahkan berikan komentar nanti di tambahkan kedalam postingan ini..
Sebelumnya saya minta maaf jika ada kesalahan nama atau penjelasan dari jenis makan ini, karena lain lubuak lain ikan nyo, lain daerah lain adatnyo. jadi mano tau sanak2 ambo ado yang keliru ambo minta maaf sebesar2nya..

Lihat Juga postingan : 10 Tempat Objek Wisata kota Padang

  • 10 komentar :

    1. di Like ya link ini https://www.facebook.com/pages/GREEN-CAFE/477122705672266

      BalasHapus
    2. padang sangat jago kalau buat masakan,sip banget dah eee
      thks atas info nya pak ...

      BalasHapus
    3. tambahin pensi ama santan kaliki Gan,,,hehehe
      nice post

      BalasHapus
    4. izin copaz gan utk promoin nagari awak ....thanks

      BalasHapus
      Balasan
      1. Lanjuik sanak.. mambangkik batang tarandam ..

        Hapus
    5. lamak bana,nampak ee ko gan/////

      BalasHapus
      Balasan
      1. indak ado lai.. tambuah ciek da

        Hapus
    6. Balasan
      1. sate padang atau sate piaman hahahah

        Hapus

    Berikan Komentar yang bermanfaat dan sehat.

    Proudly Powered by H4nk .
    Blogger Wordpress Gadgets