Minggu, 09 Juni 2013

Kacang Tojin

by Harry Hank  |  in Wisata Sumatera Barat at   17.55

Kacang Tojin, mendengar ini bakalan ingin mencobanya, yah cemilan saat sedang santai dan menjadi kue pada saat lebaran Idul Fitri, ngk percaya coba aja datang ke rumah saudara pas lebaran bakalan banyak ketemu kue termasuk salah satunya adalah kacang tojin ini. Asal usul kacang tojin saya pun kurang tau, tapi dari beberapa info yang tidak dapat saya sebutkan sumbernya kacang tojin berasal dari bukit tinggi.
buat yag ingin membuat kacang tojin berikut adalah bahan-bahannya dan proses pembuatannya;
Bahan – bahannya :


1. Pemilihan kacang tanah, pilihlah kacang yang sudah buka kulit dan tidak punya kulit ari lagi. Kacang kelihatan putih bersih dengan sedikit nuansa kuning.2. Kapur sirih secukupnya.
3. Bawang putih iris.
4. Royko penyedap.
5. Garam secukupnya.
6. Daun seledri di iris halus – halus.
7. Daun jeruk di iris halus – halus.
Cara membuat :


1. Cuci kacang tanah bersih, lalu di rendam dengan air kapur sirih ( selama 30menit ), gunanya supaya kacang bertambah gurih…
2. Panaskan minyak sayur.
3. Masukkan kacang yang sudah direndam dengan kapur sirih ke dalam minyak panas serta diaduk – aduk terus, sehingga merata matangnya lalu diangkat.
4. Masukkan bawang putih yang sudah di iris ke dalam minyak panas, lalu di angkat.
5. Masukkan daun seledri beserta daun jeruk ke dalam minyak panas, lalu di angkat.
6. Setelah semuanya matang, lalu di campur dalam satu wadah dan di aduk, jangan lupa masukkan royko serta garam secukupnya, dan aduk lagi hingga semua merata.
7. Selamat menikmati….. :)

sangat mudah bukan membuat kacang tojin ini. tapi mitosnya kalau terlalu banyak makan kacan tojin bisa jerawata juga loh. tapi ini saya tidak tahu sumbernya tapi orang tua2 sering bilang jagan terlalu banyak makan kacang tojin nanti bisa jerawatan. Tapi menurut saya itinya jangan kebanyakan sehingga menjadi rakus, makan alakadarnya saja yah. Selamat menikmati Kacang tojin
  • 0 komentar :

    Berikan Komentar yang bermanfaat dan sehat.

    Proudly Powered by H4nk .