Mengenal IP Address Class D dan E


Tentu Kita hanya banyak mengenal Class IP Address C,B,A saja bukan. tapi sebenarnya masih ada Class D dan E, tapi IP ini hanya untuk keperluan khusus saja, pengen tahu buat apa IP Address Class D dan E
Pada jaringan IP Address kelas D, 4 bit pertama dari IP Address ini adalah 1 1 1 0. Sedangkan bit sisanya digunakan untuk grup host pada jaringan dengan range IP antara 224.0.0.0 – 239.255.255.255. IP Address Class D digunakan untuk multicasting, yaitu pemakaian aplikasi secara bersama-sama oleh sejumlah komputer. Multicasting berfungsi untuk mengirimkan informasi pada nomor host register. Host-host dikelompokkan dengan meregistrasi atau mendaftarkan dirinya kepada router lokal dengan menggunakan alamat multicast dari range alamat IP Address Class D. Salah satu penggunaan multicast address pada internet saat ini adalah aplikasi real time video conference yang melibatkan lebih dari dua host (multipoint) dengan menggunakan Mbone (Multicast Backbone).
Pada jaringan IP Address Class E, 4 bit pertama dari IP Address ini adalah 1 1 1 1. IP address Class E mempunyai range antara 240.0.0.0 – 254.255.255.255. IP Address kelas E merupakan kelas IP address yang bersifat "eksperimental" atau percobaan. Eksperimen tersebut dipersiapkan untuk penggunaan IP Address di masa yang akan datang. Empat bit pertama selalu diset kepada bilangan biner 1111. 28 bit sisanya digunakan sebagai alamat yang dapat digunakan untuk mengenali host.
Nah sekarang pada sudah tahu kan IP Address Class D dan E tersebut. semoga bermanfaat yah :D

4 komentar

Click here for komentar

Berikan Komentar yang bermanfaat dan sehat. Conversion Conversion Emoticon Emoticon