Memilih Nilai Tertinggi antara 2 Nilai [PHP]


ada pertanyaan yang meluncur di group PHP Indonesia, yang mana kasusnya pernah saya hadapi dulu kala.
berikut kasusnya
Oleh karena itu saya akan coba buat data yang sama sehingga menghasilkan seperti ini.
Gimana cukup sama bukan :D.
jadi permasalahnya adalah mencari Nilai tertinggi dari nilai Semester dan Remedial.
tidak terlalu rumit dan hasilnya adalah seperti berikut ini :
Gmn kelar kan. Caranya cukup mudah disini saya masih menggunakan CodeIgniter.
pertama yang saya belum tahu apakah yang di dalam database nilai semester dan remedial menyimpan value angka atau huruf, disini saya menggunakan value angka.
dengan hitungan saya adalah :
nilai Angka = Nilai Huruf
4 = A
3 = B
2 = C
1 = D
0 = E
supaya saat outputnya meuncul nilai huruf saya membuat sebuah helper function 
function huruf($nilai)
{
if( $nilai == 4 )
{
$huruf = 'A';
}
else if ( $nilai == 3 )
{
$huruf = 'B';
}
else if ( $nilai == 2 )
{
$huruf = 'C';
}
else if ($nilai == 1)
{
$huruf = 'D';
}
else
{ $huruf = 'E';
}
return $huruf;
}
dengan menggunakan function  helper huruf ini permasalah konversi nilai dari angka ke huruf sudah teratasi.
tinggal mengambil nilai tertinggi dari kedua nilai tersebut. disini saya masih menggunakan function  helper lagi.
function tertinggi($a,$b)
{
if( $a > $b )
{
$tinggi = $a;
}
else if ( $b > $a)
{
$tinggi = $b;
}
else if ( $a == $b )
{
$tinggi = $a;
}
else
{ $tinggi = 'ERROR';
}
return $tinggi;
}
saya mengasumsikan adalah :
$a = Nilai Semester
$b = Nilai Remedial
jika anda menjalakan Function ini maka akan muncul nilai angka saja, jadi harus menggunakan sub function seperti contoh saya membuatnya seperti ini :
<?= huruf(tertinggi($dt->semester,$dt->remedial));?> 
 $dt->semester = mengambil nilai semester dan menjadikan $a
$dt->remedial = mengambil nilai remedial dan menjadikan $b
tertinggi = function pemelihan nilai tertinggi
huruf = konversi nilai yang di hasilkan oleh function tertinggi menjadi huruf.
Itulah solusi dari permasalah di atas. bagaiman cukup mudah bukan :D. semoga bermanfaat

Berikan Komentar yang bermanfaat dan sehat.

Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama