Mengatasi Konflik pada Script jQuery


jQuery sebagai salah satu framework turunan JavaScript yang paling banyak digunakan juga rentan terhadap bentrok antar script baik script dengan script pada framework yang sama atau dengan script dengan framework berbeda. Sebenarnya website resmi jQuery sudah memberikan solusi yang sangat mudah untuk mengatasi bentrok antar script ini. Pernah kita membuat sebuah script dan ternyata script jQuery tersebut tidak dapat running dengan sempurna, usut punya usut ternyata jQuery tersebut terjadi bentrok atau konflik dengan jQuery yang lain. untuk lebih memahaminnya anda dapat melihat pada kutipan jQuery dibawah ini :
$(document).ready(function(){$("a.slick").click(function () {$(".active").removeClass("active");$(this).addClass("active");$(".content-slick").slideUp();var content_show = $(this).attr("title");$("#"+content_show).slideDown();});});
jQuery diatas sudah berjalan dengan benar tanpa terjadi permasalahan yang terjadi, tapi karena sesuatu hal jQuery tersebut tidak dapat berjalan dengan sempurna. ini diakibatkan adanya bentrok / konflik jQuerynya. untuk antisipasi hal tersebut. Anda dapat memberikan penggalan script berikut ini :
var $h4nk = jQuery.noConflict(); 


lalu semua variabel atau $ ( Dollar ) dapat di ganti menjadi $h4nk

sehingga untuk full scriptnya adalah :
var $h4nk= jQuery.noConflict();
$h4nk(document).ready(function(){
$h4nk("a.slick").click(function () {
$h4nk(".active").removeClass("active");
$h4nk(this).addClass("active");
$h4nk(".content-slick").slideUp();
var content_show = $h4nk(this).attr("title");
$h4nk("#"+content_show).slideDown();
});
}); 
sekarang coba anda runningkan lagi jQuerynya. semoga dapat berjalan dengan lancar. ^_^

Berikan Komentar yang bermanfaat dan sehat. Conversion Conversion Emoticon Emoticon