sejarah Halloween


Beberapa Game lagi banyak mengadakan event Halloween, seperti Game pada android seperti COC, Get Rich, dll. Halloween memang bukan tradisi di indonesia, terutama di padang, tidak pernah saya rasakan apa itu Halloween ?. tapi sebagai sebuah pengetahuan saja apa itu Hari Halloween.
Menurut Wikipedia : Halloween atau Hallowe’en adalah tradisi perayaan malam tanggal 31 Oktober, dan terutama dirayakan di Amerika Serikat. Tradisi ini berasal dari Irlandia, dan dibawa oleh orang Irlandia yang beremigrasi ke Amerika Utara. Halloween dirayakan anak-anak dengan memakai kostum seram, dan berkeliling dari pintu ke pintu rumah tetangga memintapermen atau cokelat sambil berkata "Trick or treat!" Ucapan tersebut adalah semacam "ancaman" yang berarti "Beri kami (permen) atau kami jahili." Di zaman sekarang, anak-anak biasanya tidak lagi menjahili rumah orang yang tidak memberi apa-apa. Sebagian anak-anak masih menjahili rumah orang yang pelit dengan cara menghiasi pohon di depan rumah mereka dengan tisu toilet atau menulisi jendela dengan sabun dan permen karet.
Halloween identik dengan setan, penyihir, hantu goblin dan makhluk-makhluk menyeramkan dari kebudayaan Barat. Halloween disambut dengan menghias rumah dan pusat perbelanjaan dengan simbol-simbol Halloween.
tapi setahu saya Hallowen mungkin sebuah hari yang mana buah labu (Kundua) di bentuk seperti kepala yang menyeramkan, lalu di kasih lampu/lilin, ntah kenapa harus buah Labu, kenapa ngk durian atau semangka atau mangga. bagaimana sejarah Halloween tersebut terjadi yah. berikut ini adalah penjelasan singkat tentang sejarah Hallowen :

sejarah Halloween itu sendiri berasal dari festival yang dirayakan oleh orang Kelt (penduduk Eropa Tengah) zaman kuno. Festival ini untuk perayaan akhir tahun musim panen, atau disebut dengan ‘Tahun baru Kelt’. Orang Kelt secara turun temurun yang menganut Paganisme (kepercayaan/praktek spiritual penyembahan terhadap berhala) menggunakan kesempatan untuk melakukan festival dengan menyembelih hewan ternak serta menimbun makanan untuk musim dingin.
Bangsa Gael (Suku asli Irlandia kuno) percaya bahwa setiap tanggal 31 Oktober, pembatas dunia antara orang mati dan orang hidup menjadi terbuka. Orang mati membahayakan orang hidup dengan membawa penyakit dan merusak hasil panen. Sewaktu merayakan festival, orang Gael menyalakan api unggun untuk membakar tulang-tulang dari hewan yang mereka sembelih. Orang Gael mengenakan kostum dan topeng untuk berpura-pura sebagai arwah jahat atau berusaha berdamai dengan mereka.
Selain itu, simbol Halloween yang diketahui secara universal adalah buah labu yang diukir membentuk wajah menyeramkan, yang biasanya disebut dengan Jack-o’-lantern, dan di dalam Jack-o’-lantern biasanya diletakkan lilin yang menyala atau lampu agar terlihat lebih seram jika di tempat gelap. Di Amerika Serikat itu sendiri, Jack-o’-lantern biasanya diletakkan di depan pintu masuk rumah jika hari sudah mulai gelap.
 Jadi sejarah Hallowen tersebut berasal dari orang kelt yang berada di daerah Eropa tengah, tujuannya adalah untuk mengadakan tolak bala. dan dalam kepercaya mereka tanggal 31 Oktober gerbang antara dunia manusia dengan dunia orang meninggal terbuka dan akan menjadi ancaman bagi mereka, oleh karena itu buah labu di buat seram lalu di kasih lamp/lilin dan menggunakan konstume hantu/seram supaya pura-pura menjadi hantu juga.  jadi Hallowen tersebut hanya sebuah festival dari orang kelt dari eropa tengah bukan dari indonesia. jadi ngk usah juga mengikuti tradisi hallowen tersebut, mendingan melestarikan tradisi budaya daerah lagi. dan hallowen juga bertentangan dengan Agama. Sekian artikel tentang sejarah Hallowen.

Berikan Komentar yang bermanfaat dan sehat. Conversion Conversion Emoticon Emoticon