Mengenal Fungsi HLOOKUP [EXCEL]


Fungsi HLOOKUP adalah varian lari dari Fungsi VLOOKUP, untuk lebih jelasnya dapat membaca artikel sebelumnya Mengenal Funsgi VLOOKUP [EXCEL]
kegunaan juga sama dengan VLOOKUP, dan untuk awalan huruf "H" pada HLOOKUP adalah "Harizontal" artinya referensi yang akan digunakan berbentuk harisontal, dimana judul kolomnya terletak pada bagian kiri dan data-datanya tersusun membentuk Harisontal. untuk lebih jelasnya perhatikan pada gambar dibawah ini:
Aturan dalam penulisan fungsi HLOOKUP hampir sama dengan fungsi VLOOKUP, namun ada sedikit perbedaan yaitu pada nomor Indexnya. jika pada VLOOKUP no index mengacu kepada kolom ( no_index_kolom ) maka pada HLOOKUP mengacu pada baris (no_index_baris), hal ini dikarenakan datanya yang memang tersusun dalam satuan baris.
Penulisan Fungsi ini adalah :
=HLOOKUP(nilai_kunci;range_tabel_referensi;no_index_baris;tipe_data)
Penjelasan aturan penulisan tersebut sebagai berikut:
* nilai_kunci: Adalah nilai yang dijadikan acuan untuk membaca tabel referensi. Nilai ini harus ada baik pada tabel yang akan diisi maupun pada tabel referensi.
* range_tabel_referensi: Adalah range dari tabel yang berisikan data referensi untuk mengisi hasil yang diharapkan. Pastikan bahwa range yang Anda pilih tidak menyertakan judul barisnya.
* no_index_baris: Adalah nomor urut data dalam tabel referensi yang akan dituliskan hasilnya. Dimulai dari baris paling atas pada tabel referensi tersebut dengan nomor index 1, dan seterusnya.
* tipe_data: Ada 2 jenis tipe data yaitu TRUE dan FALSE. Nilai TRUE Anda gunakan jika nilai datanya tidak pasti atau berada pada range tertentu dan nilai FALSE Anda gunakan jika nilai data berharga pasti.
untuk lebih jelasnya akan di jelaskan pada contoh soal berikut ini ;
Terlihat ada 2 data pada 2 tabel, yaitu. Tabel 1 & tabel 2.
Tabel 1 berisikan Nama Barang dengan Acuan judul Harga dan Stok, sedangkan tabel 2 berisikan Nama Produk pada baris dan untuk stok dan harga belum tersedia.
Yang musti di isi adalam pada Sel I4 dan J4
yang akan menjadi nilai kuncinya adalah H4
sehingga formulanya menjadi :

=HLOOKUP(H4,range_tabel_referensi,no_index_baris,tipe_data)
Untuk nilai range adalah yang akan menjadi tabel referensi, nilai range nya terletak pada sel B3:F5

Sehingga formulanya menjadi
=HLOOKUP(H4,B3:F5,no_index_baris,tipe_data)
Pada no_index_baris stok ada pada baris keberapa ?
no_index_baris untuk stok ada pada baris ke 3. sehingga formula menjadi 
=HLOOKUP(H4,B3:F5,3,tipe_data)
Untuk tipe data, data yang digunakan adalah data pasti yaitu untuk "stok Rokok sudah pasti stoknya 15", dan untuk "stok Pena sudah pasti 15", dan untuk "stok buku sudah pasti stoknya 24". jadi disini menggunakan tipe data FALSE
sehingga menjadi sebuah formula sebagai berikut
=HLOOKUP(H4,B3:F5,3,FALSE)
 Sebelum melakukan auto fill terlebih dahulu menjadikan tabel referensi menjasi sebuah sel yang absolut sehingga menjadi sebuah formula sebagai berikut :
=HLOOKUP(H4,$B$3:$F$5,3,FALSE)

Untuk Memahami Fungsi VLOOKUP Baca Artikel Berikut :

Mengenal Fungsi VLOOKUP [EXCEL]

Berikan Komentar yang bermanfaat dan sehat. Conversion Conversion Emoticon Emoticon