Siapa Google Doodle Hari ini ( 14 Juni 2016 )



Ada doodle seorang pria memakai jas laboratorium di laman pencarian Google hari ini, Selasa (14/6/2016). Di sampingnya, tampak empat bulir berwarna merah yang masing-masing dinamai "A", "B", "O", dan "AB".

Ada apa gerangan? Ternyata Google sedang merayakan hari jadi ilmuwan Austria bernama Karl Landsteiner. Ia adalah tokoh yang menemukan empat penggolongan darah manusia. Hingga kini, temuan itu masih terus diyakini dalam Ilmu Kedokteran.

Penggolongan ini penting diketahui saat akan melakukan transfusi darah. Umat manusia bisa mendonorkan dan menerima darah dengann aman sesuai golongannya.

Atas jasa penemuan itu, Landsteiner dianugerahkan penghargaan Nobel dalam Ilmu Kedokteran pada 1930. Sepanjang hidupnya, pria keturunan Yahudi ini tinggal dan berkarir di New York, AS.

Selain menemukan penggolongan darah, Landsteiner juga yang menemukan virus polio. Virus tersebut berbentuk RNA kecil yang terdiri atas tiga strain berbeda dan sangat menular.

Infeksi salah satu dari tiga jenis virus polio akan menyebabkan penyakit polio atau poliomyelitis. Penyakit itu akan menyerang sistem saraf dan dapat menyebabkan kelumpuhan hanya dalam hitungan jam.

Atas jasa-jasanya di bidang kesehatan, tak heran Google turut merayakan ulang tahun Landsteiner. Almamater University of Vienna itu berpulang pada 26 Juni 1943 pada usia 75 tahun.

Berikan Komentar yang bermanfaat dan sehat. Conversion Conversion Emoticon Emoticon