Sabtu, 03 Juli 2010

Cara onlinekan Website dari Localhost

Artikel ini di buat untuk rekan2 yang kurang paham tentang cara mengonlinekan website. Jika di pikir emang susah kayaknya, tapi kalau dah di coba gampang kok. Ngk percaya mari kita coba. Ikuti langkah2 ini dengan benar (kalau ada kesalahan hubungi penulis di XmoenseN@gmail.com )

Tak kenal maka tak sayang, sebelum mengonlinekan website lebih baik kita mengerti apa itu website dan apa itu blog.sebelumnya bahasa yang saya gunakan adalah bahasa yang kurang formal, karena saya tidak suka formal2 bgt…. Dengan tujuan sama kok.. kalau beda perngertian dengan apa yang anda dapat dari kampus itu biasa kok, asalkan tujuan nya sama. Tidak satu jalan menuju padang loh. Masih bias lewat darat, udara atau laut ( pepatah baru )

Antara web dengan blog bisa di artikan begini : blog sudah tentu web, tapi web belum tentu blog. Puyeng ea ? sama saya juga pusing menjelaskannya. Trus kata apa yg bisa di pahami oleh newbie seperti saya ini.

WEBSITE

Secara kamus nih, ngk tau dapat kamus dari mana, website terdiri kata web dan site.Yang mana web itu sendiri kependekan dari World Wide Wev ( Di singkat WWW ). Sering lihat tulisan www tersebutkan, contohnya : http://www.facebook.com, http://www.google.com , http://www.xcode.or.id , namun sudah terlanjur dari sononya dipakai secara umum penulisannya menjadi website,ngk mungkin kita menulisnya apakah anda punya www, kan ngk enak di dengarnya. Jadi enaknya apakah anda punya website J.

Ada yang mengatakan website terdiri dari beberapa blok atau module atau bilik2 file, semoga anda paham ea, saya juga bingung menjelaskanya karena, silahkan cari sendiri di sini

Sekarang blog

Yang jelas blog tidak memakai www, contoh blog adalah http://xmoensen.wordpress.com

Sebenarnya kata blog berasal dari WEB LOG adalah bentuk web yang menyerupai tulisan-tulisan ( yang di muat sebagai posting ) pada sebuah halaman web umum atau coretan-coretan yang punya blog, seperti blog saya ini :D. Tulisan diblog dimuat selalu terbalik ( isi terbaru dahulu baru kemudian diikuti dengan isi yang lebih lama) tapi ingat ngk semua seperti itu :D tapi kebanyakan, nanti ada blog yang ngk sesuai seperti itu ntar di salahakan saya L.. Blog biasanya di kelola oleh pribadi atau seorang dan dapat di akses oleh semua orang oleh pengguna internet dengan topic dan tujuan dari si pengguna blog tersebut. Sampai di sini anda paham apa yang di maksud dengan blog dan website.

Sekarang perbedaan domain dan hosting.. masa mau onlinekan website ngk tau yang mana domain dan yang mana hosting. Saya ngk mengatakan bahwa anda orang seperti itu, lebih baik jujur dari pada malu nantinya, saya akui dahulu juga ngk tahu apa yang dimaksud dengan domain dan hosting, mungkin semua orang begitu.. oleh karena itu kita sharing dan sharing biar semuanya yang ngk tahu bisa tahu J.

Antara domain dan hostingan bisa di ibaratkan di manusia seperti ini :

Domain itu ibaratkan Nama seseorang, dan hosting adalah jiwa raga atau tubuhnya manusia. Contoh tanpa nama anda bisa hidup ? tentu anda bisa hidup. Tapi apakah orang bisa memanggil anda, contoh saya nama H4nk kalau ngk ada nama H4nk orang memanggil saya dengan sebutan anak (nama Bapak).jadi susahkan bisa jadi anda tidak ada yang mau orang memanggil anda. Nah di perlukan nama biar semua orang bisa ingat sama kita, dan hosting juga bergitu ibaratkan jiwa raga/tubuh. Pernah dengar kata pepatah : manusia mati meninggalkan nama, nah sama juga dengan sebuah web, jika hostinganya tutup hanya tinggal nama doank J. Mengertikan apa yang di maksudkan. Moga aja mengerti. Kalau ngk mengerti silahkan googling lagi J.

Dalam artikel ini kita akan menggunakan hostingan free dan domain free ( karena belum bayar domain dan hostingan yang berbayar L belum punya duit L )

Domain yang saya gunakan adalah : http://www.uni.cc

Jika anda sudah masuk kedalam websitenya, saatnya anda cek domain yang akan anda pakai, semua ini sama dengan jasa domain yang lain..



Masukan nama anda yang akan di gunakan, contoh di sini adalah H4nk



Jika ada pesan The domain name is available! Bearti nama tersebut bisa di gunakan, tapi jika pesannya seperti ini :



The domain is already taken bearti nama tersebut sudah di gunakan oleh orang lain, silahkan cari yang lain :)

Jika sudah klik Register dan anda akan di bawa ke tampilan seperti ini :



Masukan email anda dan cetang I accept the Terms of service dan masukan kode security yang ada dalam kotak.

Lalu lanjutkan continue >

Jika benar isi semua form yang ada…

Jika sudah buka email anda dan lakukan aktifasi dari email, karena aktifasi di kirimkan ke email..



Klik Click here to activate your account. Jika melakukan aktifasi atau melakukan signup activate dengan memasukan activasi code dan password untuk melakukan login adalah yang di bagian bawah karena password dikirmkan juga ke email.

Jika sudah masuk kembali ke webnya maka akan ada tampilan



Maka akan ada from seperti gambar di bawah ini :



Sampai di sini biarkan dulu, saatnya masuk ke hostingan, di sini saya menggunakan hostingan free dari http://www.0007webs.com

Tampilan dari http:///www.007webs.com adalah seperti gambar dibawah ini :



Lakukan register dengan cara klik bagian atas register atau klik JOIN FREE

Isi from dengan benar



Jika sudah periksa email anda, maka akan ada kiriman aktifasi ke email :



Klik link yang ada di email tersebut…

Dan ada juga kiriman email tentang data anda seperti berikut



Data tersebut adalah username, password, dan login via FTP atau alamat login. Sekarang coba login ke dalam hostingan anda tadi.dan masuk ke control panelnya



Klik Account settings



Pada bagian Extra domain terlihat nama servernya adalah :

Nameservers: ns1.007webs.com, ns2.007webs.com

Masukan pada domain anda yang kolom 2 tadi yang kosong dengan:

Nameserver #1: ns1.007webs.com

Nameserver #2: ns2.007webs.com




Save di domain tersebut dengan server yang di berikan oleh pihak hostingan.

Jika sudah tunggu beberapa jam nanti domain akan melakukan aktifasi dns server hostingan.

Sekarang kembali ke hostingan, klik Create/delete MySQL database untuk membuat database



Buat nama database, user, dan password dari database tersebut.

Untuk user pertama akan di berikan hak full akses. Dan user kedua bisa di tentukan hak aksesnya. Jika semua benar, saatnya upload database anda yang tadinya di localhost ke database hosting.dengan cara klik phpmyadmin di control panel.

Jangan lupa melakukan konfigurasi pada web yang anda buat. Sesuaikan dengan nama database di hostingan dan usernya dan password. Untuk host kebanyakan hosting bisa menggunakan localhost, jika tidak bisa menggunakan localhost pihak hostingan akan memberikan host untuk database.

Jika database sudah di upload saatnya upload file web anda dengan melalui FTP, tadi di email di berikan link FTP nya yaitu : ftp://xmoensen.007webs.com

Di sini saya menggunakan filezila bisa anda dapatkan di http://www.4shared.com/account/file/uQcb0yfk/FileZillaPortable.html



Pada bagian atas masukan host yang di berikan oleh pihak hostingan username dan password. Dan untuk port masukan port 21 ( port standart FTP )

Pilih file yang akan anda upload ke hostingan. Pada kolom sebelah kanan adalah diktori yang ada di hostingan dan sebelah kiri adalah diktori komp anda.



Sebelumnya anda hapus file index.html yang ada di hostingan anda sebelum upload, karena index.html adalah file bawaan hostingan..

Jika benar maka web anda siap di akses seluruh dunia maupun di luar angkasa J

Jika sukses saatnya web anda di promosikan ke teman2 anda, dan jangan lupa kunjungi blog jelek ini ea, dan saling tukar2 link.. :)

Thanks buat yang membaca artikel jelek ini :)

jika ada perntanyaan silahkan berikan komen atau kirim email : Xmoensen@gmail.com

6 komentar:

Axlrose mengatakan...

Pertamax gan...!!

Nice info, n m'bantu bgt !!!

Nur Roni mengatakan...

jasa seo
jasa seo indonesia
jasa seo terpercaya
seo indonesia
jasa seo web judi
jasa buat website
jasa pembuatan website

Sbobet
Agen Sbobet
Agen IBcbet
agen MAXBET
bandar bola
judi bola
judi online
taruhan bola
agen resmi sbobet
agen bola
agen bola terpercaya
agen sbobet terpercaya

agen poker
poker online
pagen poker terbaik
agen poker terpercaya
poker uang asli

sabung ayam
adu ayam
ngadu ayam
laga ayam
permainan adu ayam
ayam petarung
ayam sabung
ngadu ayam jago
adu ayam online
taruhan ayam
sabung ayam terbaik
judi online ayam
ayam sabung online
judi adu ayam
situs sabung online
judi sabung online
permainan laga ayam
sabung online
sbobet
agen sbo
agen sbobet
agen sbobet terbaik
agen sbobet terpercaya
sbobet asia
ibcbet
agen ibcbet
agen ibcbet terbaik
agen ibcbet terpercaya
ibcbet online
sbobet online

LK21

Nur Roni mengatakan...


agen casino indonesia
agen judi sbobet
agen sbobet indonesia
agen sbo
agen sbobet terpercaya
agen sbobet
agen sbo terpercaya
agen judi terpercaya
sbosports
agent sbobet
agen sbobet indonesia
bandar judi terpercaya
agen judi bola terpercaya
agen judi ibcbet
sbobet indonesia
agen bola online
bandar judi bola
master agen betting online
bandar bola sbobet terpercaya
judi online

Nur Roni mengatakan...

agen bola terpercaya
pasang bola
judi bola online
agen bola terpercaya

Agen bola
Judi Online
Agen Bola Online

casino online terbaik
casino online
judi online
agen casino online
judi live casino

agen judi
agen bola
situs judi
judi bola
judi online
bandar bola
bandar judi
situs taruhan
taruhan bola
taruhan online
situs judi bola
situs judi online
situs judi terpercaya
agen bola terpercaya
agen judi online
judi online terpercaya
agen judi terpercaya
bandar judi online
bandar bola terpercaya
judi bola online
agen piala dunia 2018
bandar piala dunia 2018
situs taruhan piala dunia 2018
situs judi piala dunia 2018
agen resmi piala dunia 2018

Nur Roni mengatakan...

Agen togel
judi togel
bandar togel online
bandar togel
togel singapura
togel online
bandar judi togel
agen togel online
judi togel online
togel sydney
togel hongkong

Agen togel
judi togel
bandar togel
bandar togel online
togel singapura
togel online
bandar judi togel
agen togel online
judi togel online
togel sydney
togel hongkong

agen poker
agen poker terbaik
agen poker terpercaya
poker uang asli
situs poker

Sharon Wood mengatakan...

Customerservicenumber.ca

Posting Komentar

Berikan Komentar yang bermanfaat dan sehat.

Fans Page