SMS Gateway ( part 1 )

SMS Gateway adalah Suatu server SMS yang berfungsi untuk mengelola data yang ada di dalam database dan mengirimkan kepada  User. Salah satu bagan SMS Gateway yang cukup sederhana adalah sebagai berikut:
Ada 3 elemen dasar yang diperlukan dalam membangun SMS gateway untuk diimplementasikan ke dalam suatu sistem database, yaitu:
·         Komputer.
Komputer yang dipergunakan sebagai server yang berfungsi untuk menghubungkan sistem database dengan jaringan GSM/CDMA
·         Sistem database.
Suatu sistem yang menyediakan database yang akan diakses oleh pengguna.
·         Handphone.
Merupakan mobile devices yang menyediakan interkoneksi ke jaringan GSM/CDMA.
Suatu komunikasi dapat berbentuk non suara seperti dalam bentuk teks atau gambar dengan memanfaatkan komputer dan kabel data. Seluruh informasi dan data yang akan disinkronisasikan dari handphone ke komputer dapat dilakukan dengan membaca semua kode-kode yang ada pada handphone untuk disinkronisasikan dengan suatu bantuan program dan kabel data untuk penghubung antara keduanya. Setelah hubungan keduanya terkoneksi maka tahap selanjutnya adalah komputer dapat mengakses data dari database yang ada untuk dikirimkan kepada yang memintanya.
Misalnya ada beberapa sms dalam handphone yang akan disimpan ke komputer,  membaca informasi-informasi pada handphone ( IMEI, record, dll ). Itu semua adalah aplikasi yang akan dilakukan  pada suatu program bantu. Dimana informasi dan data yang akan diakses oleh komputer terhadap handphone dapat berupa teks dan gambar. Untuk saat ini, teknologi handphone yang ada di pasar mulai menjawab akan kebutuhan pengguna handphone yang menginginkan fasilitas yang begitu banyak seperti handphone yang memiliki fasilitas untuk mengirim ringtone sendiri, fasilitas kalender dan fasilitas lain yang masih banyak lagi.
Dengan adanya perkembangan fasilitas handphone di pasar yang sangat pesat ini, memungkinkan para perancang informasi dan data untuk lebih kreatif dan inovatif dalam menyediakan informasi bagi pengguna handphone tersebut dengan memanfaatkan teknologi komputer untuk dapat mensinkronisasikan data antara handphone dengan komputer sehingga dapat saling mengakses informasi yang ada di dalam komputer maupun handphone. Pengaksesan dilakukan dengan mengunakan media penghubung yaitu Kabel data, Bllouth, atau infared
Rangkaian kabel data yang menghubungkan sebuah     komputer dengan handphone. Kabel ini sering disebut dengan istilah kabel data dalam pasaran, dan merupakan istilah yang akan dipergunakan buku ini.
Kabel data memanfaatkan port komunikasi COM1, COM2, COM3 dan Selanjutnya apabila komputer yang akan dipergunakan sebagai gateway menggunakan port tersebut. Sedangkan pada handphone yang bersangkutan, kabel data tersebut terhubung pada suatu port komunikasi yang memang telah disediakan pada rangkaian tersebut, dan pada beberapa handphone jenis lainnya, kabel ini terhubung kepada bagian rangkaian yang terbuka yang terdapat pada bagian belakang handphone itu sendiri.
SMS gateway adalah penyedia-penyedia layanan untuk memudahkan lalu lintas SMS antara bisnis-bisnis dan para langganan, penyedia layanan tersebut bertanggung jawab karena sebagian besar membawa pesan-pesan misi kritis. Pengguna SMS ini sebagian besar digunakan untuk perusahaan, jasa pertunjukan yang disediakan layanan SMS seperti TV untuk pemungutan suara dan lain sebagainya. Mempertimbangkan kinerja SMS messaging dan biaya, seperti juga tingkat jasa messaging, SMS gateway bisa digolongkan sebagai penyedia-penyedia aggregators.
SMS tersebut dikirim oleh user pemegang telepon selular yang kemudian diterima oleh penyedia layanan tersebut, setelah itu SMS tersebut diambil dan diproses untuk keperluan tertentu. Untuk SMS gateway pesan diterima kemudian diproses oleh sistem, yang kemudian hasil pengolahan dari sistem tersebut diberikan kepada user.


Berikan Komentar yang bermanfaat dan sehat. Conversion Conversion Emoticon Emoticon