Membuat QR Code generator dengan php


QR Code (Quick Response Code) adalah pengembangan dari barcode dalam bentuk dua dimensi. Barcode sendiri banyak digunakan untuk menyimpan informasi (seperti informasi sebuah produk). Dibandingkan Barcode, QR Code bisa menyimpan data lebih banyak, karena selain menyimpan data secara horisontal (barcode), QR Code juga menyimpan dalam bentuk vertikal.
QR Code sendiri dikembangkan oleh Denso Wave sebuah perusahaan Jepang (Denso Corporation) dan konsep awalnya digunakan untuk produk manufaktur kendaraan (untuk melacak komponen kendaraan). Dalam perkembangannya sekarang, QR Code tidak hanya digunakan di bidang manufaktur kendaraan tapi masuk ke dunia komersial dengan target para pengguna ponsel. Melalui kamera ponsel, kita dapat menscan QR Code tersebut dan mengetahui informasi apa yang ada di dalamnya. Dalam sebuah QR Code kita dapat menyimpan data-data yang berisi: link sebuah website, teks (bisa juga sms), dan kartu nama.
Pada artikel saya kali ini adalah membuat QR Code generator dengan PHP , sebelum melakukan percoba silahkan anda download dulu lib QR Code nya di sini : Download
pada webnya terdapat beberapa contoh yang dapat anda pelajari dan di lengkapi dengan sourcenya, pada kali ini contohnya saya gunakan pada framework CodeIgniter.
Supaya lebih jelas lihat demo yang sudah saya buatkan : DEMO

1 komentar :

Click here for komentar
10 Desember 2014 22.18 ×

.mas ada contoh codenya ndak.. :)

Congrats bro Aminudin Rais you got PERTAMAX...! hehehehe...
Reply
avatar

Berikan Komentar yang bermanfaat dan sehat. Conversion Conversion Emoticon Emoticon