Sejarah Pucuak Parancih


Sabtu pagi ini lagi ngalai2 ( Santai bahasa indonesia ), ehh ternyata ada pucuak parancih. mengingat pucuak parancih ini saya teringat sebuah gambar di DP BBM

jika anda lihat pasti sekilas terlihat seperti daun Ganja, tapi ada yang nyebutnya Daun Ganja Dari Sumatera Barat. tapi sebenarnya pucuak parancih ini  merupakan salah satu jenis sayuran yang umum ditemukan pada masyarakat Minang. Sayuran tersebut berasal dari pucuk daun ketela pohon. saya tidak tahu apakah di daerah lain menggunakan daun ketela pohon ini sebagai sayur2an atau hanya menfaatkan ubi2nya saja.
di daerah sumatera barat, daun katela ( Pucuak Parancih ) di gunakan untuk sayur2an, pengelolaanya bisa di rebus atau di gulai. kalau di rebus enaknya di makan sama samba lado tanak atau uok di tambah dengan gatok jariang mudo atau patai, dan di kasih ikan asin baka ondeh yo sero.
kembali ke topik, iseng2 saya coba tanya sama mbah google kenapa daun ketela di namakan pucuak parancih, sebenarnya kan daun ketela . alhasil ternyata benar ada beberapa postingan yang membahas asal usul pucuak parancih ini. berikut kutipannya :

 Sungguh unik, jika masyarakat lain hanya mengambil umbinya untuk dimakan tapi bagi masyarakat Minang daunnya pun dapat dijadikan sayur. Mengenai penamaan pucuk parancih, berkenaan dengan nama Francis yang dieja dengan francis atau parancih dalam lidah orang Minang.
Emanuel Francis

Siapakah Francis itu?Emanuel Francis, begitu nama lengkapnya, merupakan Residen (sekarang Gubernur) Sumatera Barat pada tahun 1834. Sebelumnya dia pernah menjabat sebagai asisten residen (wagub) Sumatera Barat dengan REsidennya De Stuers.

Francis sebenarnya orang Inggris tulen yang lahir di India. Dia kemudian menikah dengan orang Belanda. Riwayat hidupnya cukup menarik pada usia yang mash muda dia menjadi seorang pelaut. Kemudian menjadi juru tulis pada kantor dagang inggris di Banten (1815). Dia pindah haluan dengan mengabdi pada pemerintah Hindia Belanda. Selama di pemerintahan dia sudah beberapa kali ditugaskan ke beberapa daerah seperti Banten, Kalimantan, Palembang, Makassar, Bengkulu, Timor, Sumatera Barat, Rembang, Madiun dan Manado. Jabatan tertingginya adalah Inspektur Keuangan. Setelah pensiun dia masih diminta untuk menjadi Presiden De Javasche Bank (sekarang Bank Indonesia) selama 12 tahun. Prestasi cukup hebat untuk orang inggris di pemerintahan Belanda.

Gubernur Jenderal Hindia Belanda, Van den Bosch, mengangkat Francis sebagai residen Sumatera Barat karena pengalamannya di sumatera Barat. Pada waktu itu Belada dalam kondisi terjepit akibat Perang Paderi dan Perang Diponigoro. Batavia memutuskan cara lunak untuk menaklukan Sumatera Barat. Dengan mengeluarkan Plakat Panjang. Plakat Panjang merupakan pernyataan Batavia yang mengakui keberadaan pemerintahan dan peradilan adat di Sumatera Barat. Belanda berjanji tidak akan memungut pajak dan memberi gaji kepada para penghulu. Plakat ini dikeluarkan untuk mengantisipasi serangan kaum paderi yang telah bergabung bersama kaum adat.

Francis begitu percaya terhadap isi plakat Panjang tersebut tanpa mengetahui itu hanya akal-akalan Batavia semata. Selama di Padang, Francis aktif melakukan pendekatan terhadap pemberontak. Dia bahkan berhasil membujuk Tuanku Imam Bonjol untuk menyerah. Bahkan francis sendiri memberi jaminan bahwa Tuanku Imam tidak akan dibuang dari kampungnya. Namun karena permainan pihak tentara, Tuanku Imam malah dijebak dan dibuang. Francis membujuk Batavia agar Tuanku Imam cukup dibuang ke Batavia saja. Namun oleh Batavia malah dibuang jauh sampai ke utara Sulawesi. Sikap Batavia yang demikian membuat Francis sangat malu. Dia melihat bagaimana Tuanku Imam diperdaya dengan cara yang sangat kotor.

Mengenai sayur pucuk “parancih” tadi, sewaktu menjadi residen Francis berusaha mencari simpati masyarakat. dia membawa ubi ketela pohon untuk dibudidayakan di Padang. Namun oleh masyarakat Minang daunnya juga dimanfaatkan sebagai sayuran. Untuk mengingat bahwa tanaman tersebut diusahakan oleh Francis maka masyarakat menyebutnya sayur “prancis” atau “parancih”

Berikan Komentar yang bermanfaat dan sehat.

Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama